visitaaponce.com

Anies Ingin Bantu Perantau Minang yang Kembangkan UMKM

Anies Ingin Bantu Perantau Minang yang Kembangkan UMKM
Anies Baswedan bersama Surya Paloh di Padang, Sumbar.(MI/Yose Hendra.)

BAKAL capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, mengatakan masyarakat Minangkabau punya jiwa enterpreneur sejati. Masyarakat Minang terutama yang merantau, menurut Anies, mengembangkan UMKM untuk berperan besar memajukan perekonomian Indonesia. Anies menilai perantau Minang yang bergerak di sektor UMkM harus mendapatkan atensi dan diberikan bantuan.

"Masyarakat Minangkabau merupakan pengusaha sejati. Mereka bergerak di segmen UMKM. Ke depan kita akan memperjuangkan dan menjadikan atensi untuk membantu perantau Minang yang bergerak di segmen UMKM tersebut," kata Anies, kemarin di Padang.

Anies juga menyebutkan Sumatra Barat berhak mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah pusat lantaran punya sumbangsih besar melahirkan tokoh-tokoh pendiri bangsa. Contohnya ialah Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, Tan Malaka, Muhammad Natsir, dan masih banyak tokoh lain. Karena itu, Anies tidak heran bahwa masyarakat Sumbar sejak dulu merupakan suku bangsa yang kaya ide dan gagasan kebangsaan.

Baca juga: Anies Minta Restu Ulama dan Dengarkan Nelayan Banyuwangi

"Kita menyaksikan mereka sanggup berdebat bertukar gagasan dan punya pandangan berbeda. Mereka menjaga persahabatan. Mereka bisa bersama walau beda ideologi. Ini karena mereka punya kecintaan kepada negeri tanpa syarat," ujar Anies.

Kehadiran Anies sejak mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Sabtu (5/8/2023) sore, kemudian makan malam di Restoran Sate Manangkabau, berlanjut hadir di acara Nasdem disambut meriah oleh simpatisan, relawan, dan kader. Banyak sekali warga berebut minta foto bersama dan meneriakkan, "Anies Presiden!"

Baca juga: Di Sumbar, Anies: Fondasi Mencetak Generasi ialah Ibu Rumah Tangga

Masih di Padang, Anies Baswedan menegaskan, figur ibu memiliki peran penting dalam mendidik anak di keluarga. Pernyataan tersebut disampaikan Anies dalam acara Tabligh Akbar di Masjid Raya Sumatra Barat, Padang, Minggu (6/8).

Anies menjelaskan, tantangan generasi mendatang muda amat besar. Orangtua, katanya, wajib menyiapkan anak di masa depan.

Anies mengatakan, di Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), seorang ibu disiapkan dan dibekali dalam mendidik anak dan menjaga iman keluarga. "Saya menyaksikan majelis taklim di bawah BMKT menjadi pilar dalam menyiapkan dan membekali ibu mendidik anak dan menjaga iman Islam di keluarganya," kata Anies.

Di hadapan puluhan ribu jemaah yang didominasi ibu-ibu, Anies menjelaskan, BKMT sekarang maju dan berkembang serta menjadi rumah bagi semua. Kaum perempuan pun bisa beraktivitas secara setara. Karena itu, ujarnya, kaum perempuan bisa berhasil sebagai istri, ibu, serta pendidik bagi anak-anak.

Anies tak lupa menyebut peran guru atau ustazah dalam menyiapkan ibu-ibu andalan. Anies pun mendoakan mereka mendapatkan pahala setimpal. "Semoga para ustazah dapat kesempatan bangun sumur pahala, dicatat sebagai amal jariyah yang tak pernah putus," katanya.

Anies berharap BKMT dapat memperdalam teknik baru supaya seorang ibu dapat berkomunikasi dan mendidik anak dengan cara terbaru. "Ilmu otak terus berkembang, orangtua harus punya bekal untuk menumbuhkan karakter moral dan karakter kinerja pada anak," pungkas Anies. (YH/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat