visitaaponce.com

Warga Wonogiri Diingatkan untuk Hemat Air

Warga Wonogiri Diingatkan untuk Hemat Air
Kepala BPBD Wonogiri Trias Budiono.(MI/WIDJAJADI)

WARGA di selatan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah terus didorong untuk hemat saat memakai air. Imbauan itu terus digaungkan meski sumber air telah didekatkan ke permukiman warga setelah El Nino menimbulkan kekeringan di wilayah tersebut.

"BPBD Wonogiri dengan pasukan relawan terus melakukan pemantauan dan patroli di puluhan desa di 7 kecamatan yang selalu terdampak pada musim kemarau," kata Kepala Pelaksana ( Kalak ) BPBD Wonogiri, Trias Budiono kepada Media Indonesia, di kantornya, Rabu (9/8).

Guna mencegah krisis air bersih, Pemkab Wonogiri juga terus menggandeng berbagai pihak untuk mencari sumber air di wilayah selatan dan melalui pipa, dialirkan ke puluhan ribu rumah warga. Sejauh ini BPBD menggandeng PDAM untuk menyuplai air ke warga.

Baca juga: Penyebab Bencana Kekeringan dan Dampaknya

"Sudah sangat jauh bedanya dibandingkan dengan kondisi pada 2017, yang mana masih banyak warga yang mengalami krisis air bersih tatkala kemarau panjang. Tetapi dengan banyaknya sumber air yang diangkat, makin sedikit warga yang membeli air bersih ketika kemarau menyergap," imbuhnya.

Baca juga: Pemprov Sultra Mulai Antisipasi El Nino dan Kekeringan

Trias mengatakan Pemkab menyediakan dana tidak terduga (DTT) dari APBD 2023 sebanyak Rp15 miliar untuk dikeluarkan mengatasi berbagai bencana yang muncul di musim kemarau dan penghujan.

"Mudah mudahan tidak ada bencana. Termasuk bencana kekurangan pangan di musim kemarau," pungkas dia. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat