visitaaponce.com

Sumut Klaim Alami Peningkatan Pesat Kunjungan Turis Asing

Sumut Klaim Alami Peningkatan Pesat Kunjungan Turis Asing
Ilustrasi turis asing.(MI/PALCE AMALO)

PEMERINTAH Provinsi Sumatra Utara (Sumut) mengklaim wilayahnya mengalami peningkatan pesat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) hingga saat Agustus ini.

Berdasarkan data BPS, pada 2021 atau saat pandemi covid-19 masih berlangsung, Sumut hanya dikunjungi 230 orang wisman. Pada 2022, jumlah kunjungan turis dari luar negeri melonjak menjadi 74.498 orang.

"Pada periode Januari-Juni 2023, jumlahnya sudah mencapai 94.815 orang," ungkap Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sumut Zumri Sulthony, Rabu (9/8).

Dengan catatan Dispar tersebut, rata-rata kunjungan wisman ke Sumut sepanjang 2023 sebanyak lebih dari 15.800 orang setiap bulan.

Selain itu, Dispar Sumut juga mengklaim berperan besar terhadap peningkatan tersebut. Dengan menggaungkan tagline "Berwisata di Sumut Aja" dan pengoperasian aplikasi digital yang terintegrasi ke 33 kabupaten/kota di Sumut, menurut Zumri, wisman mulai berdatangan lagi pascapandemi.

Baca juga: Kunjungan Wisman ke Tanah Air Alami Peningkatan

Zumri mengatakan aplikasi tersebut bukan hanya terintegrasi ke pemda, juga ke pihak-pihak swasta di sektor pariwisata, seperti tour guide dan agen travel. Menurut dia, aplikasi ini dapat memudahkan wisatawan dalam negeri dan mancanegara merencanakan jadwal dan perjalanan wisatanya.

Pesatnya peningkatan wisman ke Sumut juga menurutnya banyak dipengaruhi berbagai event, baik yang diadakan Pemprov Sumut maupun pemkab dan pemkot. Terlebih, beberapa event tersebut berskala dunia.

BPS mencatat, sepanjang 2022 seluruh turis asing masuk ke Sumut melalui Bandara Kulanamu, Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Tanjungbalai Asahan, dan Bandara Silangit.

Baca juga: Kota Malang Siapkan Peta Jalan Pariwisata Masa Depan

Dari 74.498 turis asing yang masuk, sebanyak 62.753 orang di antaranya berasal dari negara-negara ASEAN, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Kemudian sebanyak 2.436 orang wisman lain datang dari negara-negara Asia, seperti India, Tiongkok, Taiwan, Jepang, dan Korea Selatan. Lalu sebanyak 6.364 wisman berasal dari Belanda, Jerman, Prancis, Austria, Belgia, Denmark, Italia, Spanyol, Portugal, dan Inggris.

Sebanyak 1.244 orang wisman adalah warga negara Amerika Serikat. Ada juga turis yang berasal dari benua Afrika berjumlah 97 orang. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat