visitaaponce.com

Gandeng Nyalanesia, Pemkab Batang Hari Gelar Festival Literasi 2023

Gandeng Nyalanesia, Pemkab Batang Hari Gelar Festival Literasi 2023
Pelatihan bagi Kepala Sekolah Kabupaten Batang Hari yang diselenggarakan di Gedung Pemuda, Batang Hari, Jambi.(Ist)

Seiring dengan pentingnya literasi dalam membentuk sumber daya manusia (SDM) unggul untuk Indonesia maju, Pemerintah Kabupaten Batang Hari dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang Hari berkolaborasi dengan Nyalanesia untuk menyelenggarakan Festival Literasi Batang Hari 2023.

Festival ini diharapkan menjadi solusi dan wahana bagi ratusan sekolah di Batang Hari dalam upaya mengakselerasi kualitas budaya literasi serta meningkatkan mutu pendidikan, demi membangun masyarakat yang berpengetahuan, inovatif, kreatif, dan berkarakter.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang Hari, Zulpadli, S.Pd., M.Pd., memberikan apresiasi dan selamat atas diselenggarakannya program Festival Literasi Batang Hari 2023.

Baca juga: Perpusnas Dorong Anak Cerdas Literasi dan Bermedia Sosial

Program ini diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Batang Hari bekerja sama dengan Nyalanesia dalam rangka menyukseskan program Gerakan Literasi Sekolah.

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat, mulai dari kepala sekolah, guru, siswa-siswi, orang tua, penggerak literasi, sampai Tim Nyalanesia,” ujar Zulpadli dalam keterangan, Jumat (11/8).

Festival Diisi Berbagai Kegiatan

Peserta festival ini akan mendapatkan berbagai fasilitas, di antaranya pelatihan dan sertifikasi kompetensi, piagam, buku cetak bagi siswa dan guru penulis, pembuatan website literasi bagi sekolah, hingga kompetisi literasi bergengsi di tingkat daerah dan nasional dengan total hadiah senilai ratusan juta rupiah.

Baca juga: Penerbit Erlangga Gelar Literasi untuk Anak di Kabupaten Garut, Jabar  

Kegiatan festival ini dimulai dengan pendaftaran program yang dibuka pada bulan Maret 2023 lalu. Selanjutnya kegiatan pertama yaitu diselenggarakannya Bimbingan Teknis Program.

Sejumlah rangkaian kegiatan telah berlangsung, seperti Diklat bagi Ketua Tim Literasi Sekolah, Workshop digital bagi siswa dan guru, pelatihan bagi kepala sekolah, serta pengembangan literasi digital dengan pembuatan website literasi sekolah.

Saat ini, program tengah memasuki proses penerbitan buku antologi karya siswa dan guru dari sekolah peserta, serta masa penjurian karya Tingkat Kabupaten.

Juara dari kompetisi ini akan diumumkan dalam Puncak Acara Festival Literasi Batang Hari 2023 yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan November.

Baca juga: Ikatan Pustakawan Indonesia Perkuat Kompetensi SDM

Lenang Manggala, selaku Founder Nyalanesia, menyampaikan bahwa program Festival Literasi Batang Hari ini merupakan pengembangan dari program Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional yang selama 6 tahun ini telah diikuti oleh ribuan sekolah di 35 provinsi.

Festival Akselerasi Budaya Literasi dan Mutu Pendidikan

Program ini dipersembahkan bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Batang Hari guna menjadi solusi sekaligus wahana untuk mengakselerasi budaya literasi dan mutu pendidikan secara lebih efektif, efisien, dan penuh suka cita.

Baca juga: Tingkatkan Literasi, Patjarmerah Gelar Pasar Buku dan Festival Literasi di Solo

“Program ini diselenggarakan dalam rangka menyukseskan program Gerakan Literasi Sekolah di Kabupaten Batang Hari. Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Batang Hari serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang Hari yang telah memfasilitasi sekolah-sekolah di daerahnya melalui program ini,” ujar Lenang.

Kolaborasi antara Nyalanesia dan Disdikbud Batang Hari dalam penyelenggaraan festival ini diharapkan dapat menjadi tonggak sejarah baru dalam perkembangan literasi di Kabupaten Batang Hari dan Indonesia pada umumnya. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat