visitaaponce.com

Hampir 1.500 Hektare Hutan dan Lahan di Kalsel Terbakar

Hampir 1.500 Hektare Hutan dan Lahan di Kalsel Terbakar
Kebakaran hutan di Kalimantan Selatan mencapai 1.500 hektar(Ist)

KEBAKARAN hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Kalimantan Selatan hingga kini telah menghanguskan hampir 1.500 hektare hutan dan lahan di wilayah tersebut. Karhutla seolah menjadi kado bagi HUT ke 73 Provinsi Kalsel yang jatuh pada Senin 14 Agustus 2023.

Data Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel mencatat hingga Senin (14/8), jumlah hot spot (titik panas) di Kalsel tercatat sebanyak 3.787 titik api dengan luasan karhutla seluas 1.437,5 hektare.

Karhutla terbesar terjadi di Kota Banjarbaru seluas 554,8 hektare, ibu kota Provinsi Kalsel serta Kabupaten Banjar 269 hektare dan Tanah Laut 348 hektare.

Baca juga: 93 Orang Tewas dalam Kebakaran Hutan di Maui, Hawaii

Sementara operasi terpadu pemadaman karhutla oleh Satgas darat dan udara (water bombing) mencapai 549 kali. Dibanding data  akhir Juli 2023 ada 2.268 titik api yang muncul di wilayah Kalsel berdasarkan data Sipongi-Kementerian LHK dengan luas Karhutla tercatat mencapai 753,73 hektare.

"Terjadi peningkatan titik api dan karhutla yang signifikan, namun masih bisa dikendalikan. Berdasarkan penilaian KLHK, penanganan karhutla di Kalsel cukup baik," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kalsel Pormadi Dharma.

Baca juga: Korban Kebakaran di Hawaii Tak Dapat Peringatan Evakuasi. Begini Kronologinya

Pantauan Media debit air di sungai, embung dan danau di Kalsel berangsur surut akibat kemarau. Kondisi ini menjadi ancaman ketersediaan air untuk memadamkan Karhutla. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat