visitaaponce.com

Naik Pesawat Garuda, Enam Komodo Pulang Kampung

Naik Pesawat Garuda, Enam Komodo Pulang Kampung
Enam komodo diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.(MI/Marianus Marselus.)

SEBANYAK enam komodo tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pukul 14.40 Wita, Selasa (15/8/2023). Satwa ini diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. 

Dari Bandara Komodo, satwa langka itu langsung dibawa ke habitat aslinya kawasan Cagar Alam (CA) Wae Wu'ul, Desa Macang Tanggal, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Keenam satwa ini akan menjalani proses habituasi selama satu bulan di CA Wae Wu'ul sebelum dilepasliarkan pada pertengahan September 2023.

"Kegiatan pelepasliaran ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan populasi Komodo di alam (in situ). Keenam komodo yang akan dilepasliarkan ke CA Wae Wuul tersebut merupakan hasil pengembangbiakan (captive breeding-ex-situ) di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor," ucapnya, Selasa (15/8). Sebelumnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) memberangkatkan enam komodo dari Lembaga Konservasi Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat, untuk kembali ke habitat aslinya di CA Wae Wu'ul. 

Baca juga: Ditemukan 14 Nelayan yang Mengapung di Lautan akibat Cuaca Buruk

Founder Taman Safari Indonesia (TSI), Jansen Manansang, menegaskan komitmen Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor untuk menjaga kelestarian satwa komodo karena merupakan salah satu satwa yang dilindungi undang-undang. Diketahui, biawak komodo merupakan spesies yang dilindungi undang-undang berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 106 Tahun 2018 dan dikategorikan sebagai spesies endangered dalam daftar merah IUCN.

Populasi komodo di alam liar saat ini terbatas penyebarannya di beberapa daerah seperti Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan CA Wae Wu'ul, Pulau Flores. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat