visitaaponce.com

Diresmikan Presiden, SPAM Regional Mebidang Mampu Jangkau 440 Ribu Jiwa

Diresmikan Presiden, SPAM Regional Mebidang Mampu Jangkau 440 Ribu Jiwa
Presiden Joko Widodo meresmikan SPAM Regional Mebidang(YouTube)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) meresmikan sistem penyediaan air minum (SPAM) regional Medan-Binjai-Deli Serdang (Mebidang), Kota Binjai, Sumatra Utara, Jumat (25/8). Pembangunan ini mampu memenuhi kebutuhan air bersih terhadap 440 ribu jiwa.

"Kurang lebih 88 ribu saluran rumah tangga yang bisa tersambung karena pembangunan SPAM ini, kalau dijiwakan bisa 440 ribu jiwa, sangat besar sekali," ujar Presiden dalam siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden. 

Presiden menginstruksikan gubernur, bupati, dan wali kota setempat agar dapat menyambungkan saluran air dari SPAM ke rumah-rumah. SPAM dengan kapasitas 1.100 liter per detik ini menelan anggaran mencapai Rp948 miliar.

Baca juga: LRT Jabodebek Siap Diresmikan, Ini Evaluasi Presiden Jokowi

Selain itu, pembangunan SPAM Mebidang merupakan buah dari kerja sama antar pemeirntah pusat, provinsi, kota, dan kabupaten. Kerja sama ini dinilai Presiden mampu mempercepat pembangunan.

"Kerja sama yang seperti ini, jadi kalau kerja samanya baik, pembangunan juga akan berjalan dengan cepat," jelasnya.

Baca juga: Disaksikan Presiden Jokowi, PLN Teken Kerjasama dengan Tanesco, Kembangkan Ekosistem Ketenagalistrikan di Tanzania

Dalam kesempatan ini, Presiden juga meresmikan Jembatan Aek Tano Ponggol yang ada di Kabupaten Samosir. Jembatan tersebut memiliki panjang bentang 294 meter dengan bentang utama 99 meter dan lebar 8 meter. 

"(Jembatan) telah selesai (dibangun) menelam biaya Rp157 miliar," bebernya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat