visitaaponce.com

Tol Indralaya-Prabumulih Dioperasionalkan Besok tanpa Tarif

Tol Indralaya-Prabumulih Dioperasionalkan Besok tanpa Tarif
Tol Indralaya-Prabumulih yang akan dibuka operasional Rabu, 30 Agustus 2023.(MI/Dwi Apriani.)

TOL Trans Sumatra ruas Indralaya-Prabumulih (Indraprabu) dibuka besok, Rabu (30/8/2023). Tol sepanjang 64,5 kilometer ini sudah bisa dilalui pengguna tetapi tanpa dikenakan tarif tol.

Syamsul Rijal, Branch Manager Cabang Tol Palembang-Indralaya, mengatakan, tol ini sudah selesai dibangun dan fasilitas serta sarana prasarana pun sudah lengkap 100%. "Untuk peresmian berkemungkinan langsung oleh Presiden RI di minggu kedua September. Namun sembari menunggu itu, kita akan operasionalkan tol ini untuk masyarakat secara gratis. Besok (Rabu) mulai dibuka pukul 07.00 WIB," jelasnya, Selasa (29/8/2023).

Ia mengatakan dengan tol tersebut tentu pengguna kendaraan bisa lebih hemat memangkas waktu tempuh. Dari semula bisa sekitar 2 jam dari Indralaya ke Prabumulih, kini bisa hanya sekitar 30 menit.

Baca juga: Polisi Tangkap Dua Pelaku Promosikan Judi Slot di Ciamis

"Selisih perbedaan jarak tempuh antara jalan nasional dengan jalan tol cukup besar. Pengguna bisa lebih hemat dan lebih cepat jika menggunakan tol. Karena uji coba ini, pengguna tidak dikenakan tarif tol," ucapnya.

Pihaknya belum bisa memastikan waktu pemberlakuan penggunaan tarif tol tersebut, sebab masih menunggu Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan. "Kami sudah memastikan bahwa semua fasilitas untuk pengguna tol sudah siap, mulai dari rest area, CCTV sepanjang tol, ambulans, mobil derek, PJU, dan sebagainya. Namun untuk SPBU, Pertamina masih dalam proses penyiapan SPBU modular untuk memenuhi kebutuhan BBM di Tol Indraprabu ini," jelasnya.

Baca juga: Komite Karawitan Dewan Kesenian Klaten Gelar Karya Gending Seniman Lokal

Pihaknya menempatkan 157 personel untuk jasa layanan operasi, 12 tenaga paramedis, dan 14 personel patroli dari Polda Sumsel. Di tol Indraprabu, kata dia, ada dua rest area di KM 56 yang merupakan rest area tipe A. Masing-masing rest area seluas 6 hektare dengan fasilitas yang cukup lengkap bagi pengendara.

"Untuk waktu operasional yaitu 24 jam. Sebelumnya saat fungsional di Hari Raya Idul Fitri ialah pukul 07.00 hingga 17.00 WIB, berbeda dengan saat ini. Karenanya personel dan sarana prasarana sudah siap dan standby," kata dia.

Syamsul menyebutkan, ditarget tol tersebut bisa dilintasi 9.000 hingga 10.000 kendaraan per hari. "Namun selama masa uji coba ini, kami meyakini ada 3.000 kendaraan yang melintas Indraprabu per hari," kata dia. Ia pun mengimbau agar pengguna tol mengisi BBM ke tangki mobil sebelum masuk ke tol tersebut selama SPBU Pertamina belum tersedia dan menyiapkan kartu tol.

Ari Narsa, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatra Selatan, mengatakan antusias masyarakat Sumsel terhadap tol Indraprabu sangat besar. Karenanya, sejak awal pembangunan tol Indraprabu didukung penuh. "Banyak masyarakat yang memimpikan agar tol ini cepat bisa dilalui. Selain memperpendek waktu tempu juga bisa lebih menghemat bagi pengendara. Infrastruktur seperti ini yang dibutuhkan masyarakat kita," pungkasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat