visitaaponce.com

Komunitas Penyandang Disablitas Jawa tengah Apresiasi Upaya Inklusivitas di Era Ganjar

Komunitas Penyandang Disablitas Jawa tengah Apresiasi Upaya Inklusivitas di Era Ganjar
Ganjar Pranowo bertemu komunitas penyandang disabilitas di Semarang, Jawa Tengah(Dok. Pribadi)

PARA penyandang disabilitas yang tergabung dalam Komunitas Sahabat Difabel (KSD) Semarang menyebut, tingkat kesetaraan dan inklusivitas di Jawa Tengah sangat baik. 

Hal itu mereka sampaikan, saat menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Kota Semarang, Sabtu (2/9). 

Founder KSD Semarang dan Roemah Difabel, Noviana Dibyantari mengatakan pelibatan penyandang disabilitas di tiap penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan pengambilan keputusan lainnya sangat baik. 

Baca juga : Difabel Berharap Ganjar Mampu Buat Indonesia Lebih Inklusif: Sudah Terbukti di Jawa Tengah

"Beliau melibatkan kami dalam kegiatan musrenbang, baik di tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi kemudian juga dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan penetapam kebijakan, kami dilibatkan di sana," ujar Novi usai bertemu Ganjar.

Novi menambahkan, Jawa Tengah seringkali menjadi tuan rumah sejumlah event besar difabel tingkat nasional dan internasional. Seperti Pekan Special Olympics Nasional (PeSONas) dan pesta olahraga difabel terbesar se-Asia Tenggara, ASEAN Paralympic Games.

Baca juga : Nelayan Desa Puncel di Pati Gelar Larung Sukerto untuk Dukung Ganjar Jadi Capres

Jateng juga mematangkan Rencana Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Penyandang Disabilitas yang digodok bersama DPRD Jawa Tengah.

"Jadi sudah mulai terlihat bahwa teman-teman disabilitas konsepnya bukan charity, tapi sekarang sudah Hak Asasi Manusia. Jadi kesetaraan dan inklusivitas itu selalu didengungkan Pak Gubernur di manapun beliau banyak menyampaikan kebijakan," jelas Novi.

Pada kesempatan itu, anak-anak penyandang disabilitas juga membacakan surat cinta yang dipersembahkan untuk Ganjar sebagai bentuk apresiasi. 

Sambil berpamitan jelang purnatugas, Ganjar pun turut mengapresiasi semangat dan keceriaan anak-anak difabel.

Ganjar berharap, program dan kebijakan terkait kesetaraan dan inklusivitas penyandang disabilitas yang telah berjalan di Jawa Tengah bisa terus berjalan dan berkembang seiring pergantian kepemimpinan.

"Jadi kita lihat anak-anak perform ini hebat sekali bisa nyanyi. Betapa apa yang menjadi gagasan, ide mereka, termasuk harapan mereka bisa diberikan kepada pemerintah dan ditransformasikan menjadi kebijakan publik," kata Ganjar.

"Sehingga membangun lebih banyak inklusifitas dan kemudian mereka bisa mendapatkan haknya, hanya satu yang diharapkan ya kesetaraan," tandasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat