visitaaponce.com

Stok Beras di Klaten Aman Hingga Akhir Tahun 2023

Stok Beras di Klaten Aman Hingga Akhir Tahun 2023
Stok beras di Klaten aman(ist)

STOK beras di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, aman untuk kebutuhan hingga akhir tahun. Sementara di Gudang Bulog Klaten, kini masih ada stok 5.000 ton.

"Untuk Klaten, Insya Allah aman sampai akhir 2023. Saat ini, stok beras di gudang masih ada sekitar 5.000 ton," kata Syamsul Bahri, Kepala Gudang Meger, Senin (4/9).

Senada diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Jajang Prihono, bahwa stok beras aman untuk lima bulan ke depan. Meski capaian produksi padi berkurang akibat El Nino.

"Ketahanan pangan kita terjaga, sekalipun lahan pertanian padi 254 hektare tidak bisa ditanami padi (bera) akibat kekeringan kemarau ini," imbuhnya saat ditemui usai rakor Pemkab Klaten.

Terkait kenaikan harga beras saat ini, Pemkab Klaten sudah berkoordinasi dengan Bulog dalam rangka pengendalian harga beras yang merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten, Widiyanti, membenarkan kenaikan harga beras karena harga gabah di tingkat petani saat ini melambung.

Pantauan di lapangan, harga GKP (gabah kering panen) petani kini sudah mencapai Rp7.300-Rp7.500 per kilogram. Harga gabah tinggi pun menjadi rebutan pelaku usaha penggilingan beras.

"Harga gabah sekarang melambung tinggi. Kenaikan harga gabah di satu sisi yang diuntungkan petani. Sehingga, kenaikan harga gabah ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani," imbuhnya. (Z-10)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat