visitaaponce.com

Museum Timah Pamerkan Bonsai Endemik Bangka Barat

Museum Timah Pamerkan Bonsai Endemik Bangka Barat
Pameran bonsai di Museum Timah.(Dokpri.)

BUMN Holding Industri Pertambangan Mind Id tidak hanya berfokus pada industri pertambangan. Salah satu anggotanya, PT Timah Tbk, memiliki museum kaya sejarah yang baru-baru ini digunakan sebagai lokasi pameran bonsai. Museum tersebut ialah Museum Timah Indonesia (MTI) Muntok yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 17, Muntok. Museum ini merupakan satu-satunya museum timah di Indonesia.

Pada 5-7 September 2023, museum ini digunakan sebagai lokasi pameran bonsai dalam rangka memeringati HUT ke-289 Kota Mentok. Mengusung tema Bonsai Lestari Bonsaiku Dengan Sejuta Pesona, pameran ini menampilkan berbagai jenis bonsai. "Mind Id ialah wajah Indonesia yang kaya sumber daya talenta dari putra-putri Indonesia. Mereka siap berkarya dan bersinergi untuk memberikan yang terbaik bagi negeri," kata Sekretaris Perusahaan Mind Id Heri Yusuf dalam keterangan tertulis, Selasa (12/9/2023).

Museum Timah Indonesia dulu merupakan rumah tempat tinggal karyawan perusahaan BTW (Banka Tin Winning). Pada 6 Februari 1949, rumah ini menjadi tempat tinggal pemimpin-pemimpin Republik Indonesia, di antaranya Bung Karno dan Haji Agus Salim. Bung Karno dan Haji Agus Salim menempati rumah tersebut saat diasingkan ke Bangka sebelum dipindahkan ke Menumbing Mentok. Peristiwa ini terjadi setelah ibu kota Republik Indonesia Yogyakarta diduduki Belanda dengan Agresi Militer (19 Desember 1948).

Baca juga: Polres Sikka Beri Bantuan 24.000 Liter Air Bersih untuk Warga

Selanjutnya, gedung ini juga pernah dijadikan tempat perundingan pra Roem-Royen. Pada 2 Agustus 1997, bangunan ini menjadi Museum Timah Indonesia. Pada bagian teras pintu masuk terdapat tulisan Househill. Museum ini menyimpan koleksi peninggalan sejarah, khususnya sejarah penambangan timah di Pulau Bangka Belitung. Berbagai koleksi sejak Kesultanan Palembang abad 16 M ada di sini. 

Saat ini, Museum Timah Indonesia telah diakui sebagai salah satu cagar budaya Kota Pangkalpinang. Kekayaan sejarah yang dimiliki museum ini menjadi salah satu alasan dipilihnya Museum Timah Indonesia sebagai lokasi pameran bonsai. Dengan klaster Eropa, museum ini juga berada di lokasi strategis di jantung Kota Muntok, sehingga sangat cocok untuk dijadikan lokasi pameran.

Baca juga: Warga Pulau Rempang-Galang Kembali Melawan, Unjuk Rasa Berakhir Ricuh

Bonsai yang dipamerkan ialah tanaman endemik khas Bangka Barat. Hal ini diharapkan dapat menggaet wisatawan yang berkunjung ke Bangka Barat mengingat banyaknya pencinta bonsai di Indonesia. Melalui pameran ini, diharapkan para seniman bonsai dapat berkarya lebih kreatif. Pihak penyelenggara juga mengapresiasi PT Timah Tbk yang senantiasa mendukung keberhasilan pameran ini melalui pemberian fasilitas tempat. Mereka juga berharap pameran bonsai dapat diselenggarakan rutin setiap tahun. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat