visitaaponce.com

KLHK Serahkan Adibuana Carbon Award untuk 30 Desa di Kabupaten Bojonegoro

KLHK Serahkan Adibuana Carbon Award untuk 30 Desa di Kabupaten Bojonegoro
Sebanyak 30 desa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, berhasil mendapatkan penghargaan Adibuana Carbon Award 2023 dari KLHK.(Dokpri.)

SEBANYAK 30 desa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, berhasil mendapatkan penghargaan Adibuana Carbon Award 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan ini didapatkan setelah badan usaha milik daerah (BUMD) PT Asri Darma Sejahtera (ADS) berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten setempat mencanangkan program gerakan Bojonegoro Peduli Emisi Karbon.

Gerakan Bojonegoro Peduli Emisi Karbon melibatkan seluruh desa yang ada di Kabupaten Bojonegoro sebanyak 430 desa dan kelurahan. Hasilnya, 30 desa terpilih sebagai penerima penghargaan Adibuana Carbon Award dari Kementerian LHK.

Dalam kesempatan ini, karena berhalangan hadir, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyampaikan apresiasinya secara khusus kepada Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah dan Direktur Utama BUMD PT ADS melalui virtual, Kamis, 14 September 2023.

Baca juga: Diduga Lupa Matikan Api Tungku, Petani Tewas Terpanggang

Adapun 30 desa yang berhasil mendapatkan penghargaan ini terbagi menjadi tiga kategori. Rinciannya, 10 desa kategori penyerapan emisi karbon tinggi, 10 desa kategori penyerapan emisi karbon sedang, dan 10 desa kategori penyerapan emisi karbon cukup. 

Kolaborasi baik ini ialah kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan PT ADS yang merupakan salah satu BUMD yang khusus menangani pengelolaan dana bagi hasil (DBH) minyak dan gas bumi (migas). Penghargaan diserahkan oleh Wahyu Marjaka selaku Direktur Mobilisasi Sumber Daya Sektoral dan Regional Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca juga: Satpol PP Lembata Berhasil Padamkan Karhutla

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah menyambut baik dan menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Kementerian LHK atas penghargaan yang sudah diberikan untuk 30 desa di kabupaten Bojonegoro. Bupati berharap kerja sama yang apik ini ke depan mampu membantu pemerintah pusat dalam menunjang gerakan Indonesia Net Zero Emission pada 2060.

Sebagai informasi bahwa program ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Corporate Social Responsibility (CSR) PT Asri Darma Sejahtera (ADS) dari nilai total Rp54 miliar yang sudah disepakati oleh para pemegang saham yakni Pemkab Bojonegoro dan PT Surya Energi Raya (SER). (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat