visitaaponce.com

223 Anggota NII Cabut Baiat, Kembali ke NKRI

223 Anggota NII Cabut Baiat, Kembali ke NKRI
PJ Gubernur Jabar Bey Machmudin menyasikan anggota NI melakukan cabut baiat(MI/Sugeng Sumariyadi)

SEBANYAK 223 anggota kelompok Negara Islam Indonesia menyatakan kembali setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pencabutan baiat NII itu disaksikan Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Kapolda Irjen Akhmad Wiyagus dan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko di Markas Kodam III Siliwangi.

Ke-223 warga Jawa Barat tersebut telah menyatakan sepakat keluar dari baiat keanggotaan NII. Mereka berjanji setia kepada NKRI ditandai dengan deklarasi oleh dua orang di antara mereka, dan diikuti serentak oleh yang lainnya.

Baca juga : Cianjur Verifikasi 137 Objek Diduga Cagar Budaya 

Setelah pernyataan deklarasi, para eks anggota NII kemudian membubuhkan tanda tangan sebagai bukti tertulis setia kepada NKRI. Dalam nota tersebut Bey juga turut menandatangani sebagai saksi.

Tak hanya 223 warga Jabar yang menyatakan keluar dari baiat NII. Sebanyak 14 mantan NII warga Banten juga melakukan hal yang sama. Ke-14 orang tersebut menyatakan setia kepada NKRI dan disaksikan langsung oleh Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar.

Baca juga : Sepeda Motor Ditendang, Dua Pelajar MTs di Cianjur Tewas

Sebelumnya, pada 27 Agustus 2023 lalu di Gedung Sate, 31 pimpinan dan pejabat NII sudah berikrar janji setia kepada NKRI.  Pemda Provinsi Jabar telah menyatakan komitmennya untuk merangkul dan memberikan perlindungan serta solusi masa depan bagi mereka yang telah bertaubat. (Z-5)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat