visitaaponce.com

1,3 Hektare Lahan Hutan di Bangli Bali Terbakar

1,3 Hektare Lahan Hutan di Bangli Bali Terbakar
Pemadaman hutan dan lahan yang terbakar di Bangli, Bali(Dok. BPBD Bali)

SEKITAR 1,3 hektare hutan dan lahan di kawasan Blok Seked TWA (Taman Wisata Alam) Gunung Batur Bukit Payang, tepatnya di Jalan pendakian Gunung Batur), Desa Batur Tengah, Kecamatan  Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali terbakar, Minggu (1/10) pukul 15.05 Wita.

Kepaala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bangli, Agus Sutapa dalam laporannya menyampaikan lahan yang terbakar berupa semak belukar dan pepohonan. 

Kronologisnya disebutkan, pertama kali api dilihat warga masyarakat dan pengguna jalan yang sedang melintas muncul dari semak belukar yang kemudian merambat membakar pepohonan di kawasan tersebut.

Baca juga : Kementerian LHK Turun Langsung Tangani Karhutla di Kalsel

Faktor lahan yang berupa semak belukar kering dan disertai tiupan angin yang kencang di sekitar lokasi kebakaran menambah cepatnya api menjalar. Namun berkat kesigapan dan upaya pemadaman yang dilakukan petugas gabungan bersama masyarakat berhasil mengendalikan kobaran api dengan membuat sekat sehingga api tidak sampai meluas.

"Pada pukul 16.45 Wita, api sudah berhasil dikendalikan dan dipadamkan oleh petugas gabungan dan masyarakat dengan membuat sekat sehingga api tidak kembali menyala dan meluas," ujar Agus Sutapa. Namun untuk mengantisipasi munculnya kembali titik api, petugas masih siaga di sekitar lokasi.

Baca juga : Hujan Buatan Diintensifkan di Sumatra Selatan

Dugaan awal penyebab kebakaran dikarenakan kelalaian warga atau pengguna jalan yang membuang puntung rokok di sekitaran lahan kawasan hutan yang berupa semak belukar kering yang mudah terbakar. Namun untuk penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan pihak Polsek Kintamani.

Tim operasi gabungan yang terlibat meliputi dari unsur TNI/Polri, BPBD, Pemadam Kebakaran, KPH Bali Timur serta masyarakat. Penanganan dilakukan selain dengan upaya konvensional juga dengan penyemprotan dari armada Damkar. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat