visitaaponce.com

Karhutla di Pekanbaru Berhasil Dikendalikan

Karhutla di Pekanbaru Berhasil Dikendalikan
Tim pemadam gabungan akhirnya mengatasi karhutla di Pekanbaru dan sekitarnya.(Dok.Manggala Agni)

TIM pemadam gabungan akhirnya bisa mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kota Pekanbaru dan sekitar. Sayangnya kabut asap dari Sumatra Selatan (Sumsel) masih menyelimuti Kota Pekanbaru. 

Komandan Manggala Agni Daops Pekanbaru Chaerul Parsaulian Ginting kepada Media Indonesia mengatakan upaya pemadaman kebakaran lahan telah berhasil dilakukan di Desa Pandau Jaya dan Desa Karya Indah, Kabupaten Kampar, Riau.

"Untuk Desa Karya Indah pagi ini dilakukan pengecekan kembali untuk memastikan api tidak hidup kembali," kata Chaerul, Selasa (3/10).

Baca juga: BNPB Sebut Kekeringan Masih Akan Terjadi Pada Awal Oktober, Waspada Karhutla

Ia menjelaskan, pihaknya juga kembali turun untuk melakukan pemadaman di Desa Rimbo Panjang, dan Desa Tarai Bangun, Kabupaten Kampar, karena sudah masuk ke bawah lapisan gambut. "Hari ini kita juga lanjut (pemadaman) di Rimbo Panjang dan Tarai Bangun," ujarnya.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Candra mencatat terdapat lima titik Karhutla yang terjadi di Kota Pekanbaru pada Senin (2/10). Lima titik tersebut ada di Jl. Sudirman Ujung,  Jl. Melati, Tampan, Jl. Soekarno Hatta, air hitam, Jl. Naga Sakti, Tampan, dan Jl. Lintas Timur, Tenayan Raya.

Baca juga: Kabut Asap, Masyarakat Pekanbaru Disarankan Hindari Aktivitas di Luar Rumah

Menurutnya, karhutla di lima titik tersebut sejauh ini masih bisa ditanggulangi Satgas BPBD Kota Pekanbaru dengan baik. Di mana api berhasil dipadamkan dan tidak merembet lebih luas. BPBD Kota Pekanbaru sendiri saat ini terus siaga terhadap kemungkinan adanya karhutla lagi di Pekanbaru, karena dampaknya sangat berpengaruh terhadap kualitas udara di Pekanbaru dan menimbulkan penyakit pernafasan.

"Semua petugas siaga dan siap diturunkan ketika terjadi bencana karhutla," ujar Zarman.

Selain itu, lanjutnya, dalam upaya penanggulangan karhutla, pihak BPBD Kota Pekanbaru juga terus berkoordinasi dengan jajaran TNI, Polri, Manggala Agni dan masyarakat sekitar.

Zarman juga mengimbau masyarakat agar tidak membakar lahan. "Apabila melihat kebakaran lahan di Kota Pekanbaru silahkan menghubungi Call Center BPBD Kota Pekanbaru di 0811 76 51464," pungkasnya.(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat