visitaaponce.com

Tim Gabungan Pemadaman TPA Jatibarang Semarang Disuplai Obat dan logistik

Tim Gabungan Pemadaman TPA Jatibarang Semarang Disuplai Obat dan logistik
Petugas pemadam kebakaran TPA Jatibarang mendapatkan bantuan obat dan logistik guna menjaga kondisi mereka.(MI/Akhmad Safuan)

KEBAKARAN tempat pembuangan akhir (TPA) Jatibarang, Semarang, sudah terkendali. Namun ratusan petugas masih disiagakan untuk memadamkan api yang masih menyala di zona 3, logistik dan obat-obatan terus disalurkan untuk memenuhi kebutuhan petugas.

Kabut asap masih terus menyelimuti lokasi TPA Jatibarang dan sekitarnya, bahkan pemukiman warga hingga radius dua kilometer juga terkena dampak asap, sehingga banyak warga merasakan sesak dan sakit mata. "Terpaksa menggunakan masker lagi karena asap kadang cukup pekat," ujar Candra, 45, warga Manyaran, Kota Semarang.

Ratusan petugas gabungan dari Dinas Damkar, BPBD, DPU, Dinkes, TNI, Polri, dan relawan diturunkan. Mereka menggunakan sekitar tujuh unit kendaraan Damkar, water canon milik Brimob, serta truk tangki air bantuan masih lakukan kesiagaan 24 jam di TPA Jatibarang untuk antisipasi membesarnya kembali kebakaran yang terjadi.

Baca juga: Kebakaran TPA Jatibarang Semarang Mulai Terkendali

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan walaupun kondisi kebakaran sudah terkendali, masih ada sumber api di dalam tumpukan sampah yang mencapai 30 meter lebih. Kondisi itu membuat ratusan petugas tetap disiagakan sebagai antisipasi api kembali membesar dan melokalisir api agar tidak merambat ke wilayah lain.

"Tim kesehatan juga telah diturunkan ke lokasi untuk menyuplai dan memberikan vitamin kepada para petugas yang siaga 24 jam di sini," ujar Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Baca juga: Warga Semarang Sesak Nafas akibat Asap Kebakaran di TPA Jatibarang 

Selain itu telah didirikan dapur umum di TPA Jatibarang, untuk memudahkan oraganisasi  perangkat daerah (OPD) membantu dengan penjadwalan pemberian makanan pagi, siang dan malam.

Sebelumnya Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Minggu (8/10) malam, mengungkapkan untuk menuntaskan pemadaman kebakaran di TPA Jatibarang, Semarang hanya dapat dilakukan dengan menggunakan helikopter water booming. Pasalnya lokasi kebakaran yang sulit dijangkau.

"Kita akan kembali gunakan helikopter water booming, rencana Selasa (10/10) pengeboman air akan dilaksanakan," kata Nana Sudjana. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat