visitaaponce.com

2.680 Mahasiswa Asing Terima Program Beasiswa KNB Kemendikbudristek

2.680 Mahasiswa Asing Terima Program Beasiswa KNB Kemendikbudristek
Telkom University ditunjuk Kemendikbudristek menjadi tuan rumah penyelenggara Internasional Student Summit.(Dok. Telkom University)

KEMENTERIAN Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah memfasilitasi 2.680 mahasiswa luar negeri belajar di Indonesia sejak 1992 hingga tahun 2023. Tahun ini Telkom University ditunjuk menjadi tuan rumah International Student Summit yang bagian dari program beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB).

"Kegiatan Internasional Student Summit ini dihadiri oleh 220 orang dari 49 negara berkembang, mereka diharapkan akrab dengan budaya dan kondisi di Indonesia. Total saat ini dari tahun 1992-2022 beasiswa yang sudah diberikan 2.680 dari berbagai negara berkembang," kata ucap Direktur Kelembagaan Kemendikbudristek, Lukman saat acara Internasional Student Summit di Gedung Sate Kota Bandung, Senin (16/10) malam.

Menurut Lukman, beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa luar negeri untuk belajar di Indonesia bagian dari soft diplomasi. Diharapkan kesan mereka selama di Indonesia yaitu aman, nyaman, ramah dan memiliki kualitas pendidikan yang baik.

Baca juga: Bermain Sambil Belajar Bisa Bentuk Perilaku Bersih Anak

"Beasiswa yang diberikan sudah dilakukan sejak tahun 1992 untuk mahasiswa luar negeri, khususnya dari negara berkembang. Dengan beasiswa itu, diharapkan menarik minat warga asing belajar di Indonesia," ungkapnya.

Langkah Indonesia memberikan beasiswa itu, kata Lukman, akan menarik 10 orang yang sukarela masuk ke Indonesia dan memperkenalkan Nusantara ke negara masing-masing. Ia klaim, KNB sudah memberikan dampak positif, di mana 80% alumni sudah menduduki posisi penting di pemerintahan mereka. Selain itu, memudahkan produk Indonesia untuk masih ke negara tersebut.

Baca juga: 70 Tahun Beasiswa Australia, Gelar Gig on the Green Kembali DIgelar

"Kita punya sukses story alumni hampir 80% alumni dari KNB itu sudah menjadi pejabat di setiap negara. Ada yang menjadi menteri, ada yang menjadi wakil perdana menteri," terangnya.

Pada 2023, Lukman menuturkan beasiswa KNB akan dibiayai LPDP Kementerian Keuangan. Diharapkan jumlah kuota beasiswa untuk mahasiswa luar negeri di negara berkembang terus meningkat. Tahun ini yang mendaftar dan layak itu ada 2.500 orang, karena dana terbatas pihaknya hanya 220 penerima beasiswa.

Rektor Telkom University Prof Adiwijaya, mengapresiasi kegiatan Internasional Student Summit yang digelar di Kota Bandung. Ia menuturkan kali ini Telkom University menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan itu.

"Ini adalah sebagai kontribusi kita untuk bangsa ini. Ini adalah soft diplomasi akan menunjukkan bahwa kita berusaha dengan negara-negara dimana kita melakukan kerja sama," ujarnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat