visitaaponce.com

Perjalanan Kereta Api Sentolo Masih Terlambat, KAI Minta Maaf

Perjalanan Kereta Api Sentolo Masih Terlambat, KAI Minta Maaf
Kecelakaan KA Argo Semeru dan Argo Willis terjadi pada Selasa (17/10).(Antara/Andreas Fitri)

HUMAS Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro menyampaikan, perjalanan kereta api antara Stasiun Sentolo - Stasiun Wates di Kabupaten Kulonprogo, DIY, masih akan melambat, imbas anjloknya KA Argo Semeru, Selasa (17/10). 

Hal itu karena KAI membatasi kecepatan di kedua jalur, baik hulu yang dibatasi maksimal 40 km/jam maupun hilir maksimal 10 km/jam.

"Sehingga masih ada keterlambatan perjalanan kereta," kata Krisbiyantoro, Kamis (19/10).

Baca juga : 32 Korban Terluka Akibat Anjloknya KA Argo Semeru, Sebagian Rangkaian KA Berhasil Dievakuasi

Meski tidak memberikan kapan situasi kembali normal sepenuhnya, Ia menegaskan, KAI Daop 6 terus berupaya agar jalur dapat pulih seutuhnya serta dapat melayani masyarakat kembali dengan kecepatan normal.

"KAI Daop 6 menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang mengalami keterlambatan imbas proses normalisasi jalur rel di antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates, pasca anjloknya KA Argo Semeru Selasa (17/10) lalu," papar dia.

Baca juga : Kronologi Kecelakaan Kereta Api Argo Semeru dan Argo Wilis di Sentolo dan Penanganannya

PT KAI tetap memberikan kompensasi keterlambatan dan pengembalian tiket pada pelanggan terdampak sampai dengan 7 hari kedepan terhitung mulai Selasa (17/10).

Untuk pemberian kompensasi kepada penumpang terdampak kecelakaan ini, KAI mematuhi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api.

Dalam hal keterlambatan keberangkatan kereta api antarkota lebih dari 1 jam, penumpang dapat membatalkan tiket dan mendapatkan pengembalian seluruh biaya tiket. Jika tidak membatalkan tiket, maka:

a. Diberikan minuman ringan untuk keterlambatan lebih dari 1 jam.

b. Diberikan minuman dan makanan ringan berat untuk keterlambatan lebih dari 3 jam.

"Bagi pelanggan KA Argo Semeru dan Argo Wilis yang barangnya tertinggal atau hilang saat anjlok, dapat mengambil keberadaan barangnya secara langsung di Stasiun Wates dan Stasiun Gambir," kata dia, Kamis (19/10).

Ia menyebut, pihaknya telah mendata 26 nama pemilik barang dengan rincian; 11 orang telah konfirmasi dan barangnya dikirim ke stasiun Gambir siang ini pukul 13:00 WIB.

Selain itu, 1 barang dikirim ke stasiun Yogyakarta, 1 barang dikirim ke Purwokerto dengan KA Bogowonto. Ia menyebut, masih ada 7 barang masih di stasiun Wates dan sisanya sudah diambil pemiliknya.

"Pengambilan barang dapat dilakukan dengan menunjukkan identitas dan tiket KA, baik fisik maupun digital kepada petugas di stasiun," papar dia. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat