visitaaponce.com

Api Lalap Lima Hektare Lahan di Depan BI Babel

Api Lalap Lima Hektare Lahan di Depan BI Babel
Lima hektare lahan kosong yang berada di depan kantor BI babel ludes dilalap api.(MI/Rendy.)

KEBAKARAN hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Bangka Belitung (Babel) terus terjadi. Padahal sudah ada hujan turun di wilayah itu.

Salah satu wilayah yang kerap terjadi karhutla yaitu lahan-lahan kosong di kompleks perkantoran Pemerintah Provinsi Babel. Pada Senin (23/10), lima hektare lahan kosong yang tepat berada di depan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Babel mengalami kebakaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Babel Mikron Antariksa mengatakan untuk memadamkan api yang membakar lahan kosong seluas 5 hektare itu diterjunkan enam mobil pemadam. "Karena api terus membesar, pemadaman melibatkan enam mobil termasuk water cannon milik Polda Babel," kata Mikron.

Baca juga: Puluhan Petugas Gabungan Padamkan Kebakaran Hutan Papandayan di Garut

Pemadaman api berlangsung hingga dua jam, karena api cukup besar. "Api cepat membesar karena angin kencang," ujarnya.

Ia menambahkan luas karhutla di Babel hingga saat ini sudah mencapai 1.800 hektare. Wilayah karhutla terluas ada di Pulau Belitung.

Baca juga: Kebakaran Gunungan Sampah di Depok Padam Setelah 10 Jam

"Luas karhutla di Pulau Belitung sampai saat ini sudah mencapai 1.000 hektare. Luasnya mengalahkan Pulau Bangka," ungkap dia.

Pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran untuk berkebun dan sampah. Begitu pula membuang puntung rokok jangan sembarangan. "Yang kami imbau ini sangat berbahaya bisa menimbulkan karhutla. Makanya, kami minta kesadaran masyarakat," ucap dia. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat