visitaaponce.com

Jelang Masa Kampanye Pemilu 2024, Bawaslu Bali Masifkan Sosialisasi Netralitas ASN

Jelang Masa Kampanye Pemilu 2024, Bawaslu Bali Masifkan Sosialisasi Netralitas ASN
Sosialisai soal Netralitas ASN dalam Pemilu 2024 yang digelar Bawaslu Bali(MI/Ruta Suryana)

MENJELANG masa kampanye Pemilu 2024, Bawaslu Bali mengintensifkan kegiatan sosialisasi netralitas ASN (aparatur sipil negara), anggota TNI dan netralitas anggota Polri.

Seperti pada acara Sosialisasi Netralitas dan Disiplin ASN yang digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jembrana, anggota Bawaslu Bali Ketut Ariyani mengungkapkan praktik yang sering terjadi dalam kasus pelanggaran netralitas ASN adalah memberikan like atau komen pada akun media sosial peserta pemilu.

Selain itu, ditemukan kasus oknum ASN yang melakukan foto bersama dengan bakal calon/pasangan calon dengan mengikuti simbol gerakan tangan/gerakan yang mengindikasikan keberpihakan.

Baca juga : KPU Riau Gelar FGD Tahapan Pemilu 2024

"Dari kasus yang sering terjadi, ASN ini tidak mengetahui bahwa hal tersebut tidak diperbolehkan (like, comment, share postingan peserta pemilu di media sosial) itu masuk pelanggaran netralitas," papar Ariyani, Kamis (26/10).

Terkait hal itu, menjelang tahapan kampanye November mendatang, Bawaslu Bali akan secara gencar melakukan sosialisasi berkaitan dengan netralitas ASN.

Baca juga : Polri Gandeng Serikat Media Siber Wujudkan Pemilu Damai

Baginya, sosialisasi tersebut merupakan bentuk komitmen dan ikhtiar untuk menjaga netralitas ASN agar Pemilu Serentak Tahun 2024 berjalan jujur dan adil.

"Kami berharap dengan sosialisasi hari ini, tidak ada lagi ASN yang diproses oleh Bawaslu karena melanggar kasus netralitas, mengingat ASN adalah pelayan publik. Jika mereka tidak netral hal tersebut akan berdampak terhadap profesionalitas pelayanan publik," tandas Ariyani yang juga Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Bali ini. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat