visitaaponce.com

Kebakaran Lahan Gambut di Kecamatan Lewolema Meluas

Kebakaran Lahan Gambut di Kecamatan Lewolema Meluas
Kebakaran lahan gambut di Kecamatan Lewolema, Flotim, NTT, meluas dan mendekati gedung sekolah hingga pondok milik petani.(MI/Fransiskus Gerardus Molo.)

KEBAKARAN yang terjadi di Kecamatan Lewolema, Flores Timur, NTT, sejak Sabtu (28/10) petang hingga kini masih terjadi. Bahkan kobaran api mulai menjalar ke arah wilayah Desa Painapang dan Desa Balukahering. Diduga sekitar 1.000 hektare lahan dan ratusan ribu pohon jambu mete dan pisang ludes terbakar.

Berdasarkan pantauan Media Indonesia di lokasi, kepulan asap yang besar dan kobaran api terlihat mengepung sekitar tanaman pohon mete milik warga dan tanaman pasang di pinggir jalan, tepatnya Cabang Kolaka. Warga yang hendak melintas di jalan utama berupaya menyelamatkan diri. 

Baca juga: Kebakaran Gunung Merbabu Meluas Hingga Capai 848,5 Ha

Sejumlah kendaraan roda dua dan empat terpaksa berhenti menghindari kepulan asap. Salah satu pengendara motor, Nisa Tukan, mengatakan kebakaran ini terjadi sejak pukul 10.00 Wita.  

"Api dengan cepat dan asap membubung tinggi hingga puluhan pohon jambu mete juga terbakar," ungkapnya. Dia menegaskan agar pemerintah setempat segera mengirimkan tim pemadam kebakaran ke lokasi.

Baca juga: Masyarakat Adat Lewonama Gelar Ritual Sakral Sambut Air

Masyarakat di Desa Balukahering Kecamatan Lewolema dikerahkan untuk memadamkan api. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat