visitaaponce.com

Kekeringan Berkah, Produksi Telur Bebek di Brebes Melejit

Kekeringan Berkah, Produksi Telur Bebek di Brebes Melejit
Peternak bebek di Desa Pakijangan, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Kusnoto sedang mengambili telur bebek di kandang.(MI/Supardji Rasban.)

KEKERINGAN yang masih melanda di banyak daerah tak selalu merugikan bagi masyarakat. Kekeringan bagi peternak bebek atau itik di Brebes, Jawa Tengah, justru membawa keberuntungan karena produksi telurnya yang meningkat.

Itu seperti yang dialami para peternak bebek atau itik di Desa Pakijangan, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes. Selama musim kemarau, produksi telur bebek meningkat mencapai 60% bahkan lebih ketimbang pada musim penghujan. Ini juga tergantung pada umur itik atau bebeknya masih di usia produktif atau tidak.

Tak hanya itu, harga telurnya pun ada kenaikan, meski tidak terlalu banyak. Hal ini dapat mengimbangi kenaikan harga pakan yakni bekatul dan ikan yang merupakan campuran makanan pokok bebek.

Baca juga: Ribuan Petani di Brebes Terima Bantuan Pompa Air Konversi Bahan Bakar Gas

Anggota Peternak Itik Adem Ayem Desa Pakijangan, Kusnoto, Jumat (3/10/2023), menuturkan, dari 250 bebek miliknya, setiap hari bisa menghasilkan telur sebanyak 150 butir. Padahal saat musim penghujan produksi telurnya kurang dari 60%. "Dengan harga jual telur bebek Rp2.2.00 per butir, kami masih bisa mendapatkan keuntungan sebanyak Rp80 ribu setiap hari," ujar Kusnoto.

Ketua Kelompok Ternak Itik atau Bebes Adem Ayem Desa Pakijangan, Atmo Sumito, menyebut keuntungan peternak bebek anggotanya sebenarnya msih bisa bertambah, jika harga pakan yakni bekatul dan ikan bisa ditekan. Karenanya, Sumito mengusulkan pada Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas Peternakan agar memberi bantuan alat mesin sehingga bisa mengirit tenaga kerja sekaligus bisa menurunkan biaya poroduksi.

Baca juga: Relawan Anies Silaturahmi ke Ponpes Al Hikmah Brebes

Selain itu, menurut Sumito, eksekutif dan legislatif di Kabupaten Brebes, bisa berkolaborasi untuk membuat semacan peraturan daerah agar ada keseimbangan antara harga pakan bebek atau itik dengan harga telurnya. "Dengan demikian peternak bebek bisa terbantukan dalam usaha mereka," terang Sumito.

Seperti diketahui, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, merupakan daerah penghasil utama telur bebek selain bawang merah. Baik telor asin maupun bawang merah asal Brebes, banyak dikirim ke luar daerah. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat