visitaaponce.com

Relawan Ajak Warga Desa Ujang Jaga Lingkungan di Pulau Nunukan

Relawan Ajak Warga Desa Ujang Jaga Lingkungan di Pulau Nunukan 
Penanaman mangrove(Dok.Ist)

SUKARELAWAN yang tergabung dalam Pandawa mengadakan kegiatan penanaman mangrove di Wisata Mangrove. Adapun kegiatan tersebut dilakukan bersama warga di Desa Ujang Fatima, Pulau Nunukan, Kalimantan Utara.

Koordinator Wilayah (Korwil) Pandawa Kalimantan Utara Nur Ghina Muslimah mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Pandawa untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Dia menuturkan dalam kegiatan itu mereka melibatkan puluhan pemuda setempat.

Baca juga: BPOM Raih Penghargaan MURI Atas Inisasi Program Net Zero Carbon Emission

"Kami rangkul semua anak muda di sini untuk bisa ikut dan peduli terhadap lingkungan," kata Nur dalam siaran persnya, Jumat (3/11).

Mangrove adalah jenis tumbuhan pantai yang secara spesifik tumbuh subur di sepanjang pantai beriklim tropis dan subtropis serta terlindungi dengan membentuk formasi. 

Baca juga: PNM dan Waskita Beton Tanam Mangrove di Pesisir Kalimantan Timur

Mangrove memiliki nilai ekologis yang cukup besar sebagai barrier menjaga kestabilan daerah pesisir pantai dari abrasi dan berperan mengurangi global warming.

Oleh karena itu, Nur mengajak para warga di desa ujang fatima itu untuk bisa menjaga kelestarian lingkungan, terutama mangrove yang ada di pantai itu.

"Kami berusaha membuktikan kepada masyarakat akan peduli kepada lingkungan dan masyarakat," tegasnya.

Ka mengajak seluruh masyarakat Desa Ujang Fatima, Pulau Nunukan untuk menumbuhkan kepedulian dan kecintaan terhadap kelestarian mangrove dan Lingkungan Pesisir Pantai

Dia berharap penanaman mangrove ini dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir, hingga memperbaiki habitat di daerah pantai, terkhususnya Pulau Nunukan, Kalimantan Utara. (Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat