visitaaponce.com

Menko PMK Kickoff Program Pembinaan UMKM di IKN

Menko PMK Kickoff Program Pembinaan UMKM di IKN
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy kickoff program UMKM diinisiasi oleh Universitas Gunadarma.(dok ist )

UNIVERSITAS Gunadarma menginiasi program pembinaan UMKM berbasis kemitraan dengan pelatihan kepada para peternak di Kecamatan Penajam di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

Program kompetitif  ini didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek. Gunadarma kembali menggandeng Pemkab PPU untuk pelaksanaan program dan melibatkan dosen dan mahasiswa pada Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang sudah memulai perkuliahan untuk angkatan pertama di Kampus Nusantara yang berlokasi di Kecamatan Penajam.

Kickoff program secara resmi dimulai Jumat 3 November 2023 dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  Muhadjir Effendy.

Kedatangan Menko PMK sekaligus dalam rangka sosialisasi Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang diperoleh Gunadarma dari Kemenko PMK dan Forum Rektor Indonesia dengan tema digital citizenship.
 
Muhadjir memberikan arahan dan motivasi kepada civitas akademika dan masyarakat, termasuk para peternak  sebanyak 35 orang.

“Saya berharap kampus dapat menjadi pusat unggulan yang membawa dampak terhadap pembangunan masyarakat di wilayahnya”, ujar Muhadjir.

Menko PMK juga menyinggung bagaimana peningkatan perekonomian daerah bisa didukung kualitas sumber daya manusia  atau tenaga kerja lokal. Posisi strategis PPU dalam konteks pembangunan IKN harus dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk peningkatan ekonomi daerah dan pengembangan SDM di PPU.
 
Dalam kesempatan sama Rektor Universitas Gunadarma Prof. E.S. Margianti menyatakan bahwa bebagai pelaksanaan program ini tidak terlepas dari keberadaan PSDKU di PPU sebagai langkah strategis institusi dalam merespon pembangunan IKN.

“Berbagai kegiatan Gunadarma di Kampus Nusantara didedikasikan kapada masyarakat PPU, mulai dari penanganan stunting, penerapan TIK di sektor pendidikan dan pertanian. Termasuk kegiatan berbagai hibah pengabdian kepada masyarakat” tambah Margianti.

Gunadarma menjadi perguruan tinggi pertama yang membuka perguruan tinggi di wilayah penyangga IKN dengan 8 program studi jenjang sarjana yaitu: Informatika, Sistem Informasi  Manajemen, Akuntansi, Teknik Sipil, Arsitek, Ilmu Komunikasi, dan Psikologi.

PJ Bupati PPU Bapak Makmur Marbun merespons positif kehadiran Universitas Gunadarma di PPU. Serangkain kegiatan yang diselenggarakan Gunadarma di PPU selaras dengan fokus utama pemkab, khususnya dalam mendukung pembangunan IKN.

baca juga: Uni Emirat Arab Tunjukan Ketertarikan Pada IKN

Pemkab PPU juga memprioritaskan peningkatan kontribusi UMKM yang mengandalkan tenaga kerja lokal agar dapat menikmati kehadiran IKN untuk menyejahterakan pelaku usaha kecil dan peningkatan ekonomi daerah.

“Saya berharap PPU menjadi sumber pangan IKN, yang diantaranya dapat dipasok pelaku usaha kecil," kata Pj Bupati PPU, Makmur Marbun. 

Menurut Ketua Pelaksana Program Pembinaan UMKM Gunarama, Prof. Budi Hermana, Kabupaten PPU mempunyai potensi besar sebagai penyuplai daging untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) di masa depan.

Proyeksi migrasi atau mobiliasi penduduk seiring pembangunan IKN perlu kesinambungan pasokan pangan, termasuk daging ayam. Peluang tersebut sudah mulai ditangkap oleh pelaku usaha di PPU.

Potensi tersebut menjadi pertimbangan memilih sektor peternakan  sebagai penerima manfaat dari program pembinaan UMKM berbasis kemitraan. “Luaran dari program ini adalah penerapan teknologi cerdas pada pengelolaan peternakan untuk meningkatkan indeks performa ayam”, tambah Budi Hermana.
 
Pada kesempatan itu sebanyak 35 peternak ikut pelatihan bertema Peternak dalam pelatihan peternakan sehat dan peluang teknologi dengan narasumber  drh. Didik Kurniadi dari Dinas Pertanian PPU dan  Prof. Dr. drh. Fachriyan H. Pasaribu. (N-1)

 

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat