visitaaponce.com

Pasien MPox Jalani Isolasi di RSD Gunung Jati

Pasien MPox Jalani Isolasi di RSD Gunung Jati
Petugas kesehatan menyosialisasikan penyakit cacar monyet kepada masyarakat di Puskesmas Kedaung, Tangerang Selatan, Banten.(Antara/Sulthony Hasanuddin.)

SEORANG pasien cacar monyet atau monkeypox (mpox) menjalani isolasi di RSD Gunung Jati, Kota Cirebon, Jawa Barat. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pasien dengan inisial H, 54, warga Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, masuk ke ruang isolasi RSD Gunung Jati, Rabu (8/11) malam. 

"Kondisinya sudah membaik," tutur Kepala Bagian Pelayanan RSD Gunungjati, dr. Toat Maruf, Kamis (9/11). Kondisi pasien sudah bisa makan dan minum sendiri bahkan sudah meminta untuk pulang.

Namun, lanjut Toat, pasien mpox harus menjalani isolasi hingga 21 hari terhitung sejak gejala timbul. Gejala yang timbul pada pasien yang saat ini dirawat terjadi sejak 23 Oktober 2023.

Baca juga: Giliran Harga Kedelai yang Melonjak, Perajin Tempe Menjerit

RSD Gunung Jati menyiapkan kamar isolasi dengan kapasitas 12 orang untuk pasien mpox. Ini terutama disiapkan untuk pasien yang tidak memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. "Tingkat kesembuhan pasien ini sangat tinggi," tutur Toat.

Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, menjelaskan dinas terkait sudah melakukan tracing dan testing terhadap orang yang kontak erat dengan pasien. Diketahui ada empat orang yang berstatus sebagai anak yang melakukan kontak erat dan sudah dilakukan testing serta tinggal menunggu hasilnya. 

Baca juga: Kota Cirebon tanpa Pengajuan Sengketa DCT

"Kami sudah meminta kepada camat, lurah bekerja sama dengan puskesmas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penyakit ini," tutur Agus. Dengan demikian, lanjut Agus, masyarat mengerti dan memahami penyakit mpox, pencegahannya, gejala, dan pengobatannya. 

Pihaknya juga meminta kepada RSD Gunung Jati untuk menyiapkan ruang isolasi khusus bagi warga yang rumahnya tidak memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri. "Masyarakat kami imbau untuk selalu menerapkan pola hidup sehat," harap Agus. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat