visitaaponce.com

42 Jemaah Umrah dari Jambi yang Terlantar di Jeddah Tiba di Tanah Air

42 Jemaah Umrah dari Jambi yang Terlantar di Jeddah Tiba di Tanah Air
Puluhan jemaah umrah dari Jambi ketika telantar di Jeddah.(MGN)

SEBANYAK 42 jemaah umrah dari Jambi yang terlantar hingga belasan hari di Jeddah, Arab Saudi, akhirnya tiba di Tanah Air, Jumat (10/11) siang. Mereka disambut antusias para keluarga dan kerabat.

Tampak saat tiba di terminal Kedatangan bandara Sultan Thaha Jambi, puluhan jemaah tersebut disambut dengan haru dan isak tangis.

PT Miftah Safari Internusa atau MSI Jambi selaku travel yang memberangkatkan para jemaah menanggung semua akomodasi hingga tiket pemulangan jemaah hingga ke Tanah Air. Mereka harus mengeluarkan uang Rp700 juta lebih untuk itu.

Baca juga : Jemaah Jember Mengaku Ditelantarkan saat Umrah, Kemenag akan Investigasi

Agen PT MSI Jambi Nur Habibullah mengatakan, kasus yang menimpa jemaahnya tersebut di luar dugaan.

Selain jemaah asal Jambi, kasus serupa juga menimpa biro travel yang sama di Madura yang jumlah korbannya mencapai 18 orang.

Baca juga : Kemenag Cegah Penawaran Perjalanan Umrah Nonprosedural

Terkait kejadian ini, Kanwil Kemenag Jambi memastikan 42 jemaah umrah yang sempat telantar di Jeddah dalam perjalanan pulang menuju kampung halamannya. Mereka dipulangkan setelah pihak Kemenag Jambi meminta agar pihak agen bertanggung jawab.

Kemenag Jambi menyebut bahwa kejadian penelantaran jemaah terjadi lantaran persoalan internal antara pihak agen dan travel. 

PT MSI ini tidak ada kantor perwakilannya di Jambi, jadi 42 jemaah umrah ini langsung melalui travel SMI di pusat dan semuanya jemaah warga Jambi baik dari kabupaten dan kota.

Kemenag Jambi Jambi berharap kejadian serupa tidak terulang kembali. Bahkan, pihak Kemenag Jambi juga akan memanggil PT MSI itu dan tentu akan dilaporkan ke Kemenag RI.

Pihak Kemenag Jambi juga mengimbau agar masyarakat cerdas dalam memilih agen-travel umrah dan haji. Warga juga harus memastikan lebih detail soal memilih agen-travel resmi agar tidak bermasalah nantinya. (MGN/Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat