visitaaponce.com

MahaDasha Group Bangun Fasilitas Air Bersih dan Sanitasi Warga Serang

MahaDasha Group Bangun Fasilitas Air Bersih dan Sanitasi Warga Serang
Direktur MahaDasha Saidinur Anwar (kiri) didampingi Corporate Communication Manager Rani Hartanti berpartisipasi pada CSR Program WASH 2023.(Ist)

MAHADASHA Group menggelar CSR Program Water, Sanitation & Hygiene (WASH) 2023 Employee Volunteerism, di Kampung Buah Limus dan Kampung Jambu, Desa Sampir, Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang, Banten.

"Kegiatan employee volunteerism ini bagian dari rangkaian program CSR 2023 Grup MahaDasha. Kami tidak hanya membangun fasilitas sarana air bersih (SAB) dan MCK bagi warga yang membutuhkan, tapi juga membangun dan menumbuhkan awareness warga mengenai pola hidup bersih dan sehat (PHBS),” ujar Direktur MahaDasha Saidinur Anwar dalam acara WASH 2023, di Kampung Buah Limus & Kampung Jambu, Serang, Banten, hari ini.

Baca juga: Bantu Warga Desa tak Lagi Kekurangan Air Bersih

Saidinur menjelaskan kesehatan merupakan salah satu modal utama untuk memastikan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Sayangnya, masih ada daerah yang mengalami kesulitan mengakses air bersih, fasilitas sanitasi layak, layanan kesehatan yang baik, serta kurang memahami PHBS.

"Padahal berbagai faktor itu ialah prasyarat utama membentuk manusia Indonesia unggul. Pentingnya faktor air bersih dan sanitasi, membuatnya masuk tujuan utama keenam SDG (Sustainable Development Goals) yakni akses air bersih dan fasilitas sanitasi layak," katanya.

Karena itu, MahaDasha yang merupakan bagian dari Grup Tiara Marga Trakindo (TMT) memfokuskan kegiatan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) perusahaan pada pilar kesehatan dari empat pilar utama yang ditetapkan TMT, yakni pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan bantuan kemanusiaan.

Baca juga: Bangun Sejuta Sambungan Baru, PAM Jaya Optimistis Target 100 Persen Total Pelanggan Tercapai

Pada kegiatan ini, karyawan dan business leader di lingkungan grup perusahaan menjadi volunteer dalam kegiatan sosial sebagai wujud komitmen kepedulian perusahaan pada masyarakat khususnya masyarakat prasejahtera.

“Kegiatan employee volunteerism berlangsung dua hari yakni 29 November dan 6 Desember 2023. Karyawan berkesempatan berperan aktif dalam proses pembangunan SAB, edukasi PHBS di sekolah dan warga setempat, kegiatan bersih desa hingga pembuatan plang himbauan kesehatan,” ucap Saidinur.

Corporate Communication Manager MahaDasha Rani Hartanti menerangkan program WASH direncanakan dengan cermat sejak awal hingga pelaksanaan.

Tidak hanya membangun fasilitas air bersih dan kesehatan, MahaDasha juga melakukan edukasi kesadaran mengenai PHBS yang baik, dengan cara menjalankan langkah pemicuan di awal pelaksanaan program.

Baca juga: Miliki Sumur Bor, Warga Gerem Cupas Kulon tidak Perlu Iuran Mahal untuk Air Bersih

“Pemicuan adalah cara mendorong perubahan perilaku hygiene dan sanitasi individu/masyarakat atas kesadaraan sendiri dengan menyentuh perasaan, pola pikir, perilaku, dan kebiasaan individu/masyarakat."

"Ini dilakukan dengan menggelar pertemuan bersama masyarakat selama setengah hari difasilitasi tim pemicu puskesmas dan desa setempat,” jelas Rani.

Adapun masyarakat yang menjadi target penerima CSR MahaDasha WASH 2023 terdiri dari 250 kepala keluarga kategori keluarga prasejahtera di Kampung Buah Limus dan Kampung Jambu, Desa Sampir, Serang, Banten.

Mawi, Ketua RT 06/02 Kampung Buah Limus, Desa Sampir, bersyukur atas bantuan CSR MahaDasha Group, terutama fasilitas SAB yang disalurkan menggunakan selang ke rumah-rumah warga.

"Selama ini warga tidak memiliki fasilitas MCK karena tidak ada air. Kendalanya, terlalu dalam sumber mata airnya, karena di sini daerah berbatu. Jadi, banyak warga buang air besar sembarangan di kebun-kebun."

Dengan bantuan fasilitas air bersih, dia berharap mengubah kebiasaan warga sehingga kebersihan lingkungan masyarakat terjaga. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat