visitaaponce.com

Membangun Planet Lebih Lestari

Membangun Planet Lebih Lestari
Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla (kanan) menerima secara simbolis aksi Gerakan Masjid Bersih dari Unilever Indonesia Foundation(dok UIF)

MASALAH lingkungan menjadi perhatian banyak pihak termasuk perusahaan. Salah satunya adalah  Unilever Indonesia Foundation (UIF) yang terus mendorong program kemasyarakatan untuk menciptakan dampak positif dalam berbagai hal termasuk kesehatan, ekonomi, sosial, hingga lingkungan.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia yang sekaligus mengepalai UIF, Nurdiana Darus mendukung program-program keberlanjutan sejak UIF didirikan pada 27 November 2000. Termasuk mewujudkan aksi konkret terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

"Seluruh program yang terlaksana dilandasi dalam strategi“The Unilever Compass  yang berfokus pada tiga pilar yaitu membangun planet yang lebih lestari, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan inklusif," kata  Nurdiana Darus dalam keterangannya, Sabtu (2/12).

Untuk membangun planet lebih lestari, aksi yang dilakukan antara lain upaya pengumpulan dan pemrosesan sampah plastik, dan program penatagunaan air di pesantren dan masjid.

Menurut Darus seelama 2022, Unilever Indonesia berhasil mengumpulkan dan memproses lebih banyak plastik daripada yang digunakan untuk menjual produk, yaitu sebanyak 62.360 ton plastik.  

Melalui program Bank Sampah, UIF telah memberdayakan masyarakat dalam memilah dan mengumpulkan sampah plastik melalui jaringan lebih dari 4.000 Bank Sampah binaan di berbagai wilayah Indonesia.

Selain itu, UIF menyediakan 601 outlet isi ulang di wilayah Jabodetabek dan Surabaya melalui program Unilever Refill Project yang berhasil mengurangi lebih dari 5 ton sampah plastik sejak 2022.

"UIF juga mendorong partisipasi masyarakat dalam memilah sampah dan menyalurkannya ke rantai daur ulang melalui Gerakan #GenerasiPilahPlastik, dan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta bersama PT Solusi Bangun Indonesia, Tbk. dalam upaya pemanfaatan sampah sebagai sumber energi terbarukan melalui penerapan teknologi Refuse Derived Fuel (RDF)," jelasnya.

Dalam menjawab krisis air bersih, UIF menghadirkan pilot project Water Stewardship Program pada dua pesantren di wilayah Bekasi yaitu Pesantren Al Munawwaroh dan Pesantren Al Binaa.

baca juga: Women Leadership Conference, Women of The Year 2023

Serta empat masjid di wilayah Jadebek yaitu Masjid Istiqlal, Masjid At-Tin, Masjid Ukhuwah Islamiyah-UI Depok dan Masjid Arief Rahman Hakim-UI Salemba untuk mengelola dan memanfaatkan air melalui teknologi dan infrastruktur, sekaligus mengedukasi masyarakat untuk lebih bijak dalam penggunaan air.

Sedangkan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, UIF berfokus pada kampanye edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan nutrisi, terutama kepada anak usia sekolah dan para ibu.

Pada pilar ketiga, UIF mengedepankan strategi dan penerapan bisnis yang inklusif, bertanggung jawab dan berkelanjutan di sepanjang rantai nilai bisnisnya demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih adil, sejahtera, dan maju. (N-1)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat