visitaaponce.com

Survei Indikator, Elektabilitas PSI Naik 200 Persen dalam Dua Bulan

Survei Indikator, Elektabilitas PSI Naik 200 Persen dalam Dua Bulan
Bendera parpol peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta(Antara)

LEMBAGA survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei elektabilitas partai politik jelang Pemilu 2024. Kenaikan paling tinggi terjadi pada elektabilitas Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Baca juga: Telanjur Dikirim, 62 Ribu Surat Suara di Taipei Dianggap Rusak

Survei ini digelar pada 23-24 Desember 2023 atau setelah debat cawapres kedua yang digelar pada 22 Desember 2023 lalu. Survei melibatkan 1.217 responden yang dipilih secara acak.

Survei dilakukan dengan metode wawancara langsung lewat telepon oleh pewawancara yang sudah profesional. Adapun margin of error survei yakni +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%

Baca juga: Gaung Dukungan LPKKM untuk AMIN

Pada survei kali ini, elektabiliras PSI berhasil naik hingga 2,4%. Padahal dalam survei pada 27 Oktober sampai dengan 1 November 2023, Indikator Politik Indonesia merilis, elektabilitas PSI hanya 0,9 persen.

Melihat data tersebut, elektabilitas PSI mengalami lonjakan sebesar 200 persen lebih dalam kurun waktu dua bulan.

Sementara itu, menurut surveri tersebut tingkat keterpilihan PDI-P sebesar 19,1%, sementara Partai Gerindra 18,2%. Adapun posisi ketiga ditempati Golkar dengan elektabilitas mencapai 9,3%, disusul Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebesar 7,8%, Nasdem 6,2%, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 6%, Partai Amanat Nasional (PAN) 4,5%, dan Partai Demokrat sebesar 4,4%.

Selanjutnya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebesar 2,8%, dan Partai Solidaritas Indonesia 2,4%. Sedangkan responden yang menjawab tidak tahu mencapai 15,1% dari total responden yang disurvei. (P-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat