visitaaponce.com

Cuaca Ekstrem akan Landa Beberapa Wilayah pada Malam Tahun Baru

Cuaca Ekstrem akan Landa Beberapa Wilayah pada Malam Tahun Baru
Ilustrasi.(ANTARA/ABRIAWAN ABHE)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia mengalami cuaca ekstrem saat malam Tahun Baru 2024.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan selama periode 31 Desember 2023-2 Januari 2024, hujan sedang hingga lebat berpotensi melanda berbagai wilayah di Indonesia.

“Khususnya wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua, diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem,” ujar Dwikorita pada Minggu (31/12).

Baca juga: BMKG Imbau Masyarakat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Masa Perayaan Tahun Baru 2024

Selain itu, Dwikora juga mengajak masyarakat untuk tetap waspada dan siaga akan dampak yang ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti angin puting beliung, hujan lebat disertai kilat, dan hujan es.

“Siaga akan dampak bencana Hidrometeorologi yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin selama periode tersebut,” ungkapnya.

Dwikorita menerangkan bahwa prediksi cuaca ekstrem di sebagian wilayah Indonesia pada periode 31 Desember 2023 hingga pekan pertama 2024 dipicu oleh fenomena dinamika atmosfer yang dikenal dengan aktivitas Monsun Asia Musim Dingin yang diasosiasikan dengan musim angin baratan.

“Fenomena tersebut jug turut diperkuat dengan adanya aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO). Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia,” tuturnya.

Baca juga: Krisis Iklim

Dwikorita mengingatkan seluruh masyarakat untuk senantiasa mengikuti perkembangan cuaca, mengingat kondisi cuaca sangat dinamis dan dapat berubah dengan cepat.

“Periksa ramalan cuaca sebelum melakukan perjalanan dan pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Selalu berhati-hati saat berkendara, terutama saat hujan lebat dan angin kencang,” ujarnya.

Khusus kepada pemudik maupun wisatawan yang tengah berlibur, Dwikorita berpesan untuk di wilayah yang rentan terhadap dampak cuaca ekstrem untuk selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat