visitaaponce.com

Satu Anak Terpapar, Klaten Tetapkan KLB Polio

Satu Anak Terpapar, Klaten Tetapkan KLB Polio
Ilustrasi petugas posyandu memberikan sub pin polio pada anak.(Antara/Muhammad Adimaja)

KASUS polio ditemukan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, setelah seorang anak perempuan warga Kampung Baru, Tanjungsari, Kecamatan Manisrenggo, dinyatakan positif terpapar virus polio. Anak tersebut dinyatakan positif polio sepulang perjalanan dari Sampang Madura, Jawa Timur.

Anak perempuan berumur enam tahun mengalami gejala demam empat hari setelah ia kembali dari perjalanan ke Madura. Setelah panas menurun terjadi penurunan kekuatan pada kakinya, untuk berdiri tidak kuat. Lantas, dia dibawa ke RSUP dr Sardjito, Yogyakarta.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Biofarma pada 20 Desember 2023, dinyatakan bahwa anak bersangkutan positif terpapar virus polio. Tapi, posisi anak sekarang sudah di rumah dan telah melakukan pengobatan fisioterapi rutin.

Baca juga: Puan Tekankan Vaksinasi Polio Anak Guna Wujudkan Indonesia Emas 2045

“Sekarang kondisi anak itu sudah membaik dan rutin melakukan fisioterapi untuk meningkatkan kekuataan otot kaki. Sekarang rawat jalan dan 4 Januari nanti kontrol ke RSUP dr Sardjito,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Klaten Anggit Budiarto, Selasa, (2/1).

Menurut Anggit, penemuan kasus positif polio anak perempuan umur enam tahun warga Manisrenggo itu ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB). Selain di Klaten, satu kasus polio juga ada di Purwokerto, Jawa Tengah, dan Pamekasan, Jawa Timur.

“Untuk KLB polio, WHO (Badan Kesehatan Dunia) telah menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi polio tahap pertama pada 15 Januari 2023. Namun, Kabupaten Klaten masih menunggu surat keputusan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah,” jelasnya.

Baca juga: Kemenkes Catat Ada Transmisi Polio di 21 Provinsi

Sesuai ketentuan dari Kementerian Kesehatan RI, ada 17 penyakit dinyatakan KLB jika muncul kasus penyakit yang sebelumnya tidak ada, seperti kasus polio di Klaten yang diderita anak umur enam tahun warga Tanjungsari, Manisrenggo.

“Nah, untuk antisipasi dan pencegahan virus polio, anak umur di bawah tujuh tahun di seluruh Jawa dan Bali akan diberikan vaksinasi polio. Kapan vaksinasi itu dilaksanaannya kita tunggu saja,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Klaten.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat