visitaaponce.com

KPU Purbalingga Temukan Ratusan Surat Suara Rusak

KPU Purbalingga Temukan Ratusan Surat Suara Rusak
Ilustrasi surat suara.(ANTARA/IRWANSYAH PUTRA)

KPU Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) menemukan ratusan surat suara rusak dalam penyortiran yang telah berlangsung.

Komisioner KPU Purbalingga Sudarmadi mengatakan bahwa setiap harinya, para petugas penyortiran menemukan surat suara yang rusak.

"Seperti pada Sabtu (6/1), ditemukan ratusan surat suara rusak baik surat suara DPR dan DPRD provinsi. Pada Sabtu lalu untuk surat suara DPR ditemukan 67 surat suara rusak dan DPRD provinsi sebanyak 180 lembar," jelasnya pada Minggu (7/1).

Baca juga: Perludem: KPU Harus Minta Maaf Terkait Surat Suara di Taipei

Sudarmadi mengatakan hingga akhir pekan ini, jumlah surat suara yang rusak untuk DPR sebanyak 607 lembar dari 790.882 lembar yang terlipat. Sedangkan untuk DPRD provinsi dari 145.574 lembar yang terlipat, ada sebanyak 180 lembar yang rusak.

Sementara KPU Kabupaten Banyumas melaksanakan sortir dan lipat surat suara dimulai pada Senin (8/1).

Ketua KPU Banyumas Rofingatun Khasanah mengatakan bahwa penyortiran dan pelipatan surat suara akan berlangsung di dua Gudang Logistik KPU Kabupaten Banyumas yakni di Gudang SMK Mulya Bakti, Kembaran dan Gudang Karangnanas, Sokaraja.

Baca juga: KPU Sleman Terima 436 Dus Surat Suara Pilpres

"KPU Kabupaten Banyumas melaksanakan sortir lipat surat suara dengan rincian surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi masing-masing sejumlah 1.413.179 lembar. Sedangkan untuk Surat Suara DPRD Kabupaten Banyumas Dapil 1 sejumlah 226.490 lembar, Dapil 2 sejumlah 246.957 lembar,  Dapil 3 sejumlah 262.863 lembar,  Dapil 4 
sejumlah 217.277 lembar,  Dapil 5 sejumlah 229.585 lembar dan  Dapil 6 sejumlah 230.007 lembar," jelasnya.

Menurutnya, sebelum pelaksanaan sortir lipat surat suara, KPU Banyumas membekali tenaga sortir lipat tentang tata cara sortir lipat melalui penjelasan langsung sesuai Keputusan KPU Nomor 1395 tentang Teknis Tata Kelola Logistik Pemilihan Umum di Gudang SMK Mulya Bakti Dukuh Waluh Kembaran pada Minggu (7/1). (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat