visitaaponce.com

Cuaca Buruk Gubernur Kalsel Ingatkan Pemkab Jaga Ketahanan Pangan

Cuaca Buruk Gubernur Kalsel Ingatkan Pemkab Jaga Ketahanan Pangan
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengingatkan pemerintah kabupaten/kota di wilayahnya untuk menjaga ketahanan pangan.(MI/Denny)

GUBERNUR Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengingatkan pemerintah kabupaten/kota di wilayahnya untuk menjaga ketahanan pangan, menyusul kondisi cuaca buruk dan maraknya bencana hidrometeorologi yang melanda.

"Di tengah kondisi cuaca buruk, mengantisipasi perubahan iklim, cuaca ekstrim, serta risiko serangan hama penting bagi kita untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan," tutur Sahbirin saat menghadiri puncak Peringatan Hari Jadi ke-64 Kabupaten Barito Kuala tahun 2024 di Kota Marabahan, kemarin. 

Antisipasi itu sejalan dengan komitmen Kalsel untuk mengambil peran sentral dalam program nasional dengan menyiapkan Kalsel sebagai gerbang dan beranda terdepan Ibukota Negara (IKN) Nusantara. Beberapa program pembangunan dititikberatkan pada pembangunan infrastruktur penunjang, sektor industri, jalur distribusi logistik, serta ketahanan pangan nasional.

Baca juga: Banjir Terus Mengancam Kalimantan Selatan

Kabupaten Barito Kuala, merupakan salah satu kabupaten sentra pertanian tanaman pangan dan holtikultura di Kalsel. Namun wilayah ini juga rawan bencana hidrometeorologi, sehingga dapat mengganggu ketahanan pangan.

Berdasarkan data Pusdalops BPBD Kalsel, Selasa (16/1) bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah Kalsel hingga kini masih berlangsung. Banjir terparah masih terjadi di beberapa lokasi di Kabupaten Balangan dan Hulu Sungai Tengah.

Baca juga: Banjir Kembali Landa Kabupaten Hulu Sungai Tengah

"Sebagian wilayah yang terkena banjir sudah surut. Tetapi kita tetap mewaspadai ancaman banjir susulan, mengingat kondisi cuaca buruk masih terus berlangsung," ungkap Kepala BPBD Hulu Sungai Tengah, Ahmad Apandi.

BMKG Kalsel memprediksi cuaca buruk berupa hujan dengan intensitas sedang hingga deras yang disertai angin kencang dan petir masih akan terus berlangsung di sebagian besar wilayah Kalsel. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat