visitaaponce.com

Batam Banjir setelah Hujan Deras

Batam Banjir setelah Hujan Deras
Ilustrasi(Dok MI)

BANJIR melanda Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Banjir tersebut disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur wilayah Batam sejak pagi hari. Banjir tersebut menyebabkan kawasan-kawasan di Batam tergenang air setinggi 50-100 cm.

Beberapa kawasan yang sering menjadi langganan banjir yaitu Kecamatan Batam Kota, Kecamatan Batuaji, Kecamatan Nongsa, Kecamatan Lubuk Baja, banjir tersebut menyebabkan kerusakan infrastruktur dan kerugian material. 

Beberapa rumah warga terendam air dan beberapa kendaraan rusak akibat terendam banjir.

Baca juga : Tarif Parkir di Batam Naik 100% Meski Diprotes

Kepala BMKG Bandara Nadim Batam Suratman mengatakan hujan deras yang mengguyur wilayah Batam sejak pagi hari mencapai intensitas 100-200 mm/jam. 

Kondisi geografis Batam yang berada di dataran rendah menyebabkan air hujan sulit mengalir dengan cepat, mengakibatkan terjadinya banjir. 

Baca juga : Kemenkes Laporkan Dua Pasien Subvarian JN.1 Meninggal di Batam

Permasalahan semakin diperparah oleh saluran drainase yang tidak memadai, banyak di antaranya tersumbat oleh sampah sehingga tidak mampu menampung air hujan dengan baik.

"Masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi bencana banjir. Masyarakat diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan dan membersihkan saluran air secara rutin," katanya, Rabu (17/1).

Selain, BMKG Bandara Hang Nadim juga mengimbau kepada nelayan untuk menunda aktivitas melaut. Hal ini dikarenakan cuaca di wilayah Batam dan sekitarnya berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

Bila cuaca tidak menentu, katanya, sebaiknya para nelayan menunda aktivitas melaut hingga cuaca membaik, meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem, dan membawa peralatan keselamatan yang memadai. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat