visitaaponce.com

Ratusan Warga di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalsel Masih Mengungsi Akibat Banjir

Ratusan Warga di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalsel Masih Mengungsi Akibat Banjir
Banjir di Kabupaten Tapin, Kalsel.(MI/Denny Susanto)

SEBANYAK 402 warga di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan (Kalsel) masih mengungsi akibat bencana banjir yang belum surut sejak dua pekan terakhir. Saat ini bencana banjir masih melanda sejumlah wilayah di tiga kabupaten di Kalsel, yaitu Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah dan Tapin

Banjir terparah terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Utara, dimana banjir merendami 161 desa di sembilan kecamatan.

"Ketinggian air ada sedikit penurunan namun 161 desa masih terendam dan sebagian warga masih mengungsi," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Hulu Sungai Utara, Syamrani, Minggu (21/1).

Baca juga : Banjir Hulu Sungai Utara Surut, Sebagian Pengungsi Pulang ke Rumah

Tercatat jumlah warga terdampak banjir di Hulu Sungai Utara sebanyak 15.275 rumah yang sebagian besar di daerah rawa terendam banjir. Jumlah warga terdampak banjir mencapai 18.325 keluarga atau 54.093 jiwa, dimana 402 warga terpaksa mengungsi.

Banjir juga menyebabkan 26 fasilitas umum, 19 fasilitas layanan kesehatan, 119 rumah ibadah, 55 kilometer jalan dan jembatan yang menyebabkan akses jalan di beberapa lokasi terputus serta 160 sekolah terendam banjir.

Kepala BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah dalam laporan kebencanaannya mengatakan selain banjir beberapa daerah di Kalsel juga dilanda angin kencang pada Sabtu (20/1). Angin kencang yang menyertai hujan deras terjadi di empat kabupaten yaitu Banjar, Hulu Sungai Selatan, Balangan dan Kota Banjarmasin.

Sebanyak tujuh rumah warga mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang di Kabupaten Banjar dan sejumlah rumah rusak tertimpa pohon tumbang. Disamping itu kondisi cuaca buruk di perairan Kalsel juga masih terjadi dimana tinggi gelombang mencapai 2,5 meter.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat