visitaaponce.com

Satuan Polairud Siak Imbau ABK Utamakan Keselamatan Penumpang

Satuan Polairud Siak Imbau ABK Utamakan Keselamatan Penumpang
Satuan Polairud Polres Siak membantu orang tua lanjut usia (lansia) yang ingin menaiki kapal perairan di Pelabuhan Mengkapan, Siak, Riau.(Ist)

SATUAN Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polres Siak mengimbau kepada para anak buah kapal (ABK) untuk mengutamakan keselamatan para penumpang saat beraktifitas di atas kapal.

"Kami juga meminta ABK agar memberitahukan kepada petugas apabila ada kejadian yang menonjol di perairan," ujar Bripka Dedy Hendrawan, salah satu personel Satuan Polairud Polres Siak, ketika patroli perairan di Pelabuhan Mengkapan, Tanjung Buton, Kabupaten Siak, Riau, Senin (22/1).

Baca juga: BPBD Riau Distribusikan 12 Perahu Karet untuk Daerah Terdampak Banjir

Dedy mengungkapkan patroli perairan bukanlah kegiatan asing karena ini sebagai kegiatan rutin bagi personel Satuan Polairud Polres Siak.

Dia menjelaskan patroli bersama dengan rekan-rekannya juga bagian dari giat binaan masyarakat kepada para ABK.

Saat mengecek kapal penumpang, Dedy turut menyambangi semua penumpang dan menanyakan keadaan kesehatan, fasilitas keamanan, serta pelayanan lainnya.

"Kami berusaha meminimalisasi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi di perjalanan. Kami mengecek peralatan keamanan bagi penumpang seperti rompi pelampung, pemadam kebakaran, dan lain-lain," ucap Dedy.

Baca juga: Polairud Polda DIY Selamatkan Wisatawan Terseret Arus Pantai Parangtritis

Satuan Polairud Polres Siak bahkan turut menyosialisasikan pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang damai kepada ABK dan para penumpang.

"Di sela-sela tugas rutin ini, kami juga ingatkan masyarakat agar bisa menggunakan hak pilih secara bijak dan diupayakan masyarakat tidak ada yang golput," kata Dedy.

Dedy juga mengimbau masyarakat agar menjaga situasi kamtibmas jelang pemilu dan tidak mudah terhasut berita-berita hoaks.

Pada kesempatan tersebut, Dedy sempat membantu orang tua lanjut usia (lansia) yang ingin menaiki kapal perairan di Pelabuhan Mengkapan.

"Saat kami patroli dan memeriksa kapal yang mau berlayar, kami melihat lansia menggunakan kursi roda mau menaiki kapal. Kami segera merespons dengan memberikan bantuan," pungkas Dedy. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat