visitaaponce.com

Gunung Lewotobi Berstatus Awas, 3 Pengungsi Meninggal Dunia

Gunung Lewotobi Berstatus Awas, 3 Pengungsi Meninggal Dunia
Pengungsi gunung Lewotobi meninggal dunia(Dok)

JUMLAH  pengungsi erupsi Gunung Lewotobi yang meninggal bertambah menjadi 3 orang. Hingga kini aktivitas erupsi Gunung Lewotobi masih fluktuatif dengan status berada pada level 4 atau awas.

Seorang pengungsi bernama Yuliana Yuli Soge, umur 91 tahun, meninggal dunia di lokasi pengungsian Gedung BPP, Desa Konga, Kecamatan Titehena. Warga meninggal karena sakit saat mengungsi dari erupsi. 

Sementara 2 warga lainnya yang meninggal, bernama Petrus Kula Puka, umur 64 tahun, meninggal pada Sabtu Kemarin, dan Maria Pene Hayon, umur 70 tahun, meninggal pada Kamis, 26 Januari lalu. 

Baca juga : Awan Panas Guguran Gunung Merapi Meluncur hingga 1,5 Km

Ketiga pengungsi yang meninggal ini berasal dari Desa Nobo, Kecamatan Ilebura, dan telah mengungsi lebih dari 3 minggu, akibat erupsi gunung yang masih terus terjadi. 

Baca juga : Erupsi Gunung Lewotobi Masih Fluktuatif, 2 Pengungsi Meninggal

Saat ini, lebih dari 6 ribu  warga masih bertahan di sejumlah posko pengungsian, termasuk bayi dan balita sebanyak 468 jiwa, dan anak usia sekolah sebanyak 1076 jiwa. 

Sedangkan warga yang mulai terserang penyakit, berupa Ispa, sebanyak 2306 kasus, hipertensi sebanyak 226 kasus, penyakit influenza sebanyak 138 kasus, dan diare sebanyak 59 kasus.

Sementara itu, Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki masih terus terjadi secara fluktuatif, walaupun cenderung menurun. Pantauan hingga siang tadi, telah terjadi 3 kali letusan disertai 32 kali guguran material erupsi, dan 2 kali awan panas guguran dengan jarak luncur 1000 meter mengarah ke utara.

 

Teramati pula melalui visual CCTV di Pos Pemantau Gunung, aliran lava ke arah timur laut sejauh 4 kilometer dari pusat erupsi.

Status gunung saat ini berada pada level 4 atau awas, dan warga pun dihimbau untuk tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari puncak gunung dan sektoral 6 kilometer ke arah timur laut. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat