visitaaponce.com

KPU Bengkulu Siapkan TPS Ramah Disabilitas

KPU Bengkulu Siapkan TPS Ramah Disabilitas
Petugas membantu seorang penyandang disabilitas memasukkan surat suara ke dalam kotak suara saat simulasi pemungutan suara Pemilu 2024.(ANTARA/ARI BOWO SUCIPTO)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, Bengkulu, akan menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) ramah penyandang disabilitas yang tersebar di 67 kelurahan.

KPU Kota Bengkulu, Bengkulu, akan menyiapkan TPS ramah bagi penyandang disabilitas yang tersebar di 67 kelurahan disembilan kecamatan di Kota Bengkulu.

Komisioner KPU Kota Bengkulu, Bambang Meiliansyah di Bengkulu, mengatakan, KPU akan menyiapkan TPS ramah bagi penyandang disabilitas agar saat pelaksanaan Pemilu dapat menyalurkan hak suaranya dengan nyaman.

Baca juga: Pemkot Denpasar Sumbang Kursi Roda kepada Disabilitas dan Lansia

"KPU lakukan hal tersebut karena penyandang disabilitas memiliki hak yang sama sebagai warga negara," katanya.

KPU, lanjut dia, juga akan menyiapkan tempat bagi pendamping disabilitas agar saat pelaksanaannya nanti bisa menyalurkan hak suaranya dengan nyaman.

Saat ini, KPU akan melakukan pendataan semua TPS yang ada pemilih disabilitas untuk difasilitasi karena tidak semua TPS memiliki pemilih kategori disabilitas.

Baca juga: 32 Ribu Lebih Penyandang Disabilitas Mental Ramaikan Pemilu di Jawa Barat

"KPU masih melakukan pendataan dan memfasilitasi semua TPS yang memiliki pemilih kategori disabilitas sesuai dengan kategori pemilih disabilitas

Saat ini, kata dia, pemilih disabilitas di Kota Bengkulu, yang masuk dalam DPT tercatat sebanyak 994 orang.

Pemilih tersebut, tersebar dibeberapa kelurahan dari sembilan Kecamatan di Kota Bengkulu. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat