visitaaponce.com

Jelang Imlek, Harga Bahan Pokok Di Bangka Mulai Bergerak Naik

Jelang Imlek, Harga Bahan Pokok Di Bangka Mulai Bergerak Naik
Harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional Bangka Bellitung mulai mengalami kenaikan.(MI/Rendy)

SEMINGGU sebelum tahun baru Imlek 2575 Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar tradisional mulai bergerak naik. Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) pun mewaspadai kenaikan harga tersebut.

Di Pasar Kite Sungailiat Bangka Harga Bawang Merah dijual Rp50 ribu perkilo, cabai rawit Rp70 ribu perkilo, dan cabai merah kriting Rp70 ribu perkilo.

Salah satu pedagang di Pasar Kite Sungailiat Muhammad mengaku kenaikanya harga kebutuhan pokok belum begitu signifikan, tapi nanti mendekati  Imlek harga akan kembali naik.

Baca juga : Ikappi Catat Jelang Ramadan Harga Sejumlah Komoditas Naik

"Memang ada kenaikan, namun belum begitu signifikan, biasanya 2 atau 3 hari sebelum imlek, ada kenaikan lagi," kata Muhammad.

Ia mengaku komonditi yang sudah mengalami kenaikan yakni cabai rawit, cabai merah kriting, dan bawang merah.

Sementara, Anton pedang Daging Sapi mengaku, harga daging sapi saat ini masih stabil. "Rp135 ribu perkilo, masih stabil, belum ada kenaikan," kata Anton.

Baca juga : Harga Kebutuhan Pokok di Kalsel Naik Terus

Namun, beda halnya dengan harga daging ayam, menurut Tri, harga daging ayam sudah ada kenaikan, rata rata Rp2 hingga Rp3 ribu perkilo. "Bulat kami jual Rp28 ribu kalau bersoh Rp34 ribu perkilo," Kata Tri.

Menanggapi kenaikan harga ini. Pejabat Gubernur Provinsi Babel Safrizal ZA mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan para distributor, jika ada satu komonditi mengalami tren kenaikan, agar dapat di cari solusi.

Pihaknya menurut dia sudah umumkan kepada seluruh Kepala daerah waspadai komonditi apa biasanya lima tahun terakhir ketika imlek naik.

Baca juga : Harga Beras, Cabai dan Bawang di Babel Naik

Ia meminta imlek nanti tidak ada alasan harga daging sapi naik siginifikan, kalau naiknya sedikit itu wajar, mungkin tambah tenaga potong dan lainya. Begitu juga dengan ayam.

Menurutnya untuk stok baik itu daging sapi, daging ayam atau komonditi lainya, siap hingga bulan Mei lebaran Idul Fitri nanti. (Z-3)

Baca juga : Harga BBM Disesuaikan Harga Cabai di Pantura Jateng Melonjak Lagi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat