visitaaponce.com

Sanggar Kusuma Aji Klaten Gelar Ujian Tari Kenaikan Tingkat

Sanggar Kusuma Aji Klaten Gelar Ujian Tari Kenaikan Tingkat
Kegiatan ujian tari kenaikan tingkat yang dilaksanakan oleh LPKS Sanggar Tari Kusuma Aji(MI/Djoko Sardjono)

SEBANYAK 94 siswa Sanggar Tari Kusuma Aji Klaten, Jawa Tengah, mengikuti ujian kenaikan tingkat dasar, terampil, dan mahir di Joglo Saestu Karanglo, Klaten, Minggu (4/2). Peserta ujian tari kenaikan tingkat meliputi delapan kelompok putri dan dua kelompok putra. Mereka tampil di depan tim penilai atau penguji dari Surakarta dan Yogyakarta.

Ketua Umum Sanggar Tari Kusuma Aji, Tejo Sulistyo, mengatakan ujian tari kenaikan tingkat smester I/2024, kali ini, adalah ujian tari ke-21 yang digelar lembaganya.

"Ujian tari kenaikan tingkat yang dilaksanakan di Joglo Saestu, hari ini, diikuti sebanyak 94 siswa yang terdiri dari delapan kelompok putri dan dua kelompok putra," jelasnya.

Baca juga : Pukau Tarian Nusantara dalam Gugur Gunung Tri Kala

Adapun ujian tari kenaikan tingkat dasar, terampil, dan mahir itu bertujuan mengevaluasi kegiatan pembelajaran seni tari bagi siswa lembaga Sanggar Tari Kusuma Aji. "Selain itu, gelar ujian tari kenaikan tingkat juga dimaksudkan untuk melatih keberanian dan rasa percaya diri siswa yang belajar seni tari di
sanggar ini."

Siswa kelompok putri, kali ini, menyajikan Tari Pangabekti, Bondan, Gambyong Pareanom, Manipuri, Retno Tinanding, Golek Campursari, Topeng Gunungsari, dan Roro Ngangsu. Sedangkan peserta ujian tari kenaikan tingkat dasar, terampil, dan mahir untuk siswa kelompok putra masing-masing menampilkan Tari Kelinci dan
Tari Gatotkaca.

Penampilan para siswa tari dinilai tim penguji, yakni Y Subowo (ISI Surakarta), Tri Yuliyanti Setyasari (Studio Banjarmili Yogyakarta), dan Bagus Jatmiko (seniman Surakarta). Kegiatan ujian tari kenaikan tingkat yang dilaksanakan oleh LPKS Sanggar Tari Kusuma Aji, dihadiri pejabat Disbudporapar, Dinas Pendidikan, dan Dewan Kesenian Klaten. (JS/N-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat