visitaaponce.com

BNPT Luncurkan Warung NKRI Digital di Klaten

BNPT Luncurkan Warung NKRI Digital di Klaten
BNPT meluncurkan Warung NKRI Digital di Klaten(MI/Djoko Sardjono)

BADAN Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia meluncurkan Warung NKRI Digital di Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah Rabu (7/2).

Warung NKRI Digital yang menjadi wadah edukasi kebangsaan bagi masyarakat itu diluncurkan secara langsung oleh Kepala BNPT RI Komjen Mohammed Rycko Amelza Dahniel.

Bersamaan peluncuran Warung NKRI Digital, digelar acara ngobrol bareng kebangsaan bersama Kepala BNPT RI, Bupati Klaten, Komite Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (KPTIK), dan tokoh NU KH Ahmad Muwafiq.

Baca juga : Mantan Napiter Solo Raya Ikuti Upacara Hari Pahlawan

Peluncuran Warung NKRI Digital di Desa Kahuman, juga diikuti pengelola 36 Warung NKRI Digital yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan Hongkong.

Kepala BNPT Mohammed Rycko Amelza Dahniel mengatakan, Warung NKRI Digital merupakan program pengembangan warung tradisional yang menjual bahan kebutuhan sehari-hari masyarakat dan produk lokal potensial.

Namun, warung tradisional di desa itu dikombinasikan perangkat teknologi informasi. Jadi, warung tidak hanya sebagai sarana peningkatkan ekonomi masyarakat, tapi juga menjadi sarana edukasi peningkatan wawasan kebangsaan.

Baca juga : Mahasiswa Unsoed Diajak Teladani Pahlawan dan Tingkatkan Kebangsaan

"Warung NKRI digital bisa digunakan sebagai sarana edukasi. Karena, antara warung satu dan warung lainnya bisa berkomunikasi. Pun, warung dengan pemerintah daerah," paparnya.

Dalam pelaksanaannya, menurut Rycko, BNPT menggandeng KPTIK sebagai pengembang digitalisasi Warung NKRI. Melalui digitalisasi, diharapkan warung bisa menjadi wadah bagi mitra deradikalisasi dalam mengembangkan diri dan ekonomi keluarga.

Sementara itu, Bupati Sri Mulyani mengatakan Warung NKRI Digital menjadi jembatan bagi masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keutuhan NKRI dan merawat kebhinekaan.

Baca juga : Kepala BNPT Minta Mahasiswa Perkuat Rasa Kebangsaan Tangkal Radikalisme

Dalam penanggulangan paham terorisme, lanjutnya, Kabupaten Klaten telah membentuk Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) yang merupakan pelaksanaan fungsi FKUB di tingkat desa.

"Kami berharap Warung NKRI Digital menjadi sarana yang mudah dalam menjaga keutuhan NKRI," ujar Sri Mulyani. (Z-5)

Baca juga : Mantan Napiter Diajak untuk Menyatukan Tekad Kembali pada Pancasila

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat