visitaaponce.com

PJ Bupati Brebes Ajak Wujudkan Pemilu 2024 Aman dan Damai

PJ Bupati Brebes Ajak Wujudkan Pemilu 2024 Aman dan Damai
Suasana Apel Siaga Tahapan Pengawasan Pemilu 2024 di Alun-alun Brebes, Kamis (8/2/2024)(MI/Supardji Rasban)

MENJELANG Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 mendatang, Penjabat Bupati Brebes, Jawa Tengah, Iwanuddin Iskandar, mengajak masyarakat Kabupaten Brebes untuk mewujudkan Pemilu yang aman damai. 

Ajakan tersebut disampaikan Iwan saat Apel Siaga Tahapan Pengawasan Pemilu 2024 di Alun-alun Brebes, Kamis (8/2).

Iwanuddin menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada Bawaslu, Pemkab, Forkopimda, KPU, dan stakeholder lainnya yang terus bersinergi dalam rangkaian tahapan pemilu 2024.

Baca juga : Sivitas Akademika Unsoed Desak Jokowi Utamakan Kepentingan Negara

"Alhamdulillah, masyarakat Kabupaten Brebes lebih baik, tidak ada perselisihan dan yang paling penting adalah tidak ada perpecahan. Untuk itu, Bawaslu Kabupaten Brebes mempunyai peran yang sangat sentral supaya bisa meminimalisir setiap  kejadian-kejadian yang sifatnya praduga-praduga yang tidak benar," ujar Iwanuddin.

Meski pengawasan di wilayah Brebes yang memiliki 17 kecamatan, 292 desa dan 5 kelurahan tidaklah mudah, akan tetapi dengan digelarnya Apel Siaga terjalin sinkronisasi, sinergitas serta penguatan. Dan yang paling utama adalah kesiapan  saat pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 agar berjalan lancar, aman, tertib dan damai.

"Sekali lagi dari pemerintah kabupaten, jajaran Forkopimda akan mendukung penuh kegiatan KPU dan Bawaslu Kabupaten Brebes demi suksesnya Pemilu 2024," tandas Iwanuddin.

Baca juga : GIAD Sebut Penyelenggara Pemilu Melindungi Kejahatan Pemilu

Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes, Trio Pahlevi, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Brebes, jajaran Forkopimda serta dinas terkait yang terus mengawal gelaran pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Kegiatan Apel ini merupakan kegiatan yang kedua, dan Bawaslu Kabupaten Brebes menjamin proses demokrasi di pemilu 2024 di Kabupaten Brebes ini akan berjalan aman dan damai seperti apa yang telah disampaikan Kapolres Brebes, Pj Bupati Brebes, serta Komandan Kodim 0713/Brebes.

"Saya meminta semuanya menjaga aturannya masing-masing seperti contoh, ASN, TNI, POLRI harus menjunjung netralitas begitu juga dengan Bawaslu yang juga punya kode etik. Insya Allah kualitas demokrasi pemilu 2024 di Kabupaten Brebes akan semakin lebih baik karena semua saling bersinergi bersama-sama, bergotongroyong dalam mensukseskan pemilu 2024," pungkas Pahlevi.

Baca juga : KPU-Bawaslu Telusuri Dugaan Pencoblosan Surat Suara di Malaysia

Kapolres Brebes AKB Guntur Muhammad Tariq mengatakan dari jajaran Polri sendiri khususnya Polres Brebes sudah siap 1000 persen untuk membackup, mengamankan dan juga mengawal jalannya pemilu 2024 di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Kami telah menerjunkan sebanyak 630 personil yang akan mengcover sekitar 6.000 lebih TPS yang ada di Kabupaten Brebes. Hal ini sudah dikoordinasikan, dengan Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes dan KPU," jelas Guntur.

Guntur menjamin situasi TPS-TPS yang ada di wilayah kerjanya akan selalu kondusif, aman sampai dengan selesainya pencoblosan dan kotak suara, serta surat suara kembali ke KPU Kabupaten Brebes," kata Guntur.

Baca juga : Bawaslu Respons Ketua KPU Langgar Kode Etik terkait Pencalonan Gibran

Kepala Kejaksaan Negeri Brebes Yadi Rachmat Sunaryadi, menambahkan, dari jajaran Forkopimda Kabupaten Brebes bersama-sama dengan Bawaslu yang tergabung dalam Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) jika ada laporan-laporan terkait dengan pelanggaran pemilu koneksinya bersama dengan Bawaslu serta Kepolisian di sentra Gakkumdu dan dirumuskan apakah termasuk dalam tindak pidana pemilu atau bukan.

"Kita rapatkan untuk menentukan apakah setiap laporan yang masuk termasuk kategori tindak pidana pemilu atau belum, dan ini yang salama ini lakukan," ujar Yadi. (Z-5)

Baca juga : Berperkara di DKPP, Komisioner KPU Terancam Dipecat

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat