visitaaponce.com

Pemprov Kalsel Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Warga Pinggiran

Pemprov Kalsel Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Warga Pinggiran
Peresmian jembatan H Sahbirin Noor di Kalsel.(MI/Denny S)

PEMERINTAH  Provinsi Kalimantan Selatan mengaku memprioritaskan pembangunan infrastruktur warga pinggiran dan bantaran sungai. Hal itu bertujuan agar mereka tidak terisolasi dan sekaligus meningkatkan perekonomian mereka

"Banyak wilayah pelosok di Kalsel yang membutuhkan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan untuk akses transportasi dan ekonomi warga," tutur Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kalsel, M Solhan, saat acara selamatan dan pemancangan tiang pertama pembangunan jembatan di Desa Tambak Baru, Kabupaten Banjar, Senin (12/2).

Dikatakan sepanjang 2024 Pemprov Kalsel memprioritaskan pembangunan  infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah pinggiran, termasuk pembangunan akses transportasi bagi warga tepi sungai. Jembatan senilai Rp14,7 miliar yang membelah Sungai Martapura ini menghubungkan Desa Tambak Baru dan Desa Tambak Ulu di Kecamatan Martapura.

Baca juga : Jembatan Astambul Penghubung Trans Kalimantan Hampir Rampung

"Selama ini warga terkendala akses jembatan dan harus memutar jauh. Jembatan ini nantinya jug akan menjadi jalur alternatif untuk mengurai kemacetan pada ruas trans kalimantan (kawasan Astambul)," kata Solhan. Pekan sebelumnya Pemprov Kalsel telah meresmikan ruas jalan yang diberi nama Jalan Arsyad Al Banjari di Kabupaten Banjar.

Akhir Januari lalu juga meresmikan jembatan yang diberi nama jembatan H Sahbirin Noor. Jembatan itu menghubungkan Desa Simpang Lima Kecamatan Kintapuri, Kabupaten Banjar dan Desa Bahandang, Mandastana, Barito Kuala. Jembatan yang membelah Sungai Jejangkit tersebut menjadi jalur alternatif transportasi termasuk bagi masyarakat Kalimantan Tengah, selain trans Kalimantan (Jalan Ahmad Yani).

Dikatakan Solhan, dalam waktu dekat akan dilakukan beberapa ruas jalan dan jembatan yang telah rampung, termasuk penyelesaian proyek infrastruktur lainnya. Salah satunya adalah penyelesaian jalan tol yang menghubungkan Banjarbaru ke Batulicin, Tanah Bumbu yang ditargetkan selesai pada 2024 ini. (DY/N-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat