visitaaponce.com

Gempa Susulan Guncang Kalimantan Selatan

Gempa Susulan Guncang Kalimantan Selatan
Kalimantan Selatan (Kalsel) diguncang gempa tektonik susulan sebanyak dua kali pada Rabu (14/2) dini hari.(Dok.MI)

KALIMANTAN Selatan (Kalsel) diguncang gempa tektonik susulan sebanyak dua kali pada Rabu (14/2) dini hari.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geomatika (BMKG) Kalsel dalam siarannya menyebut gempa susulan setelah gempa bermagnitudo 4,8 pada Selasa (13/2) pagi terjadi di Kalsel. Gempa tektonik susulan tercatat terjadi pada Rabu (14/2) pada pukul 02:32:02 wita.

Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan Rasmid mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi memiliki parameter update dengan magnitudo M4.1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,26° LS ; 115,12° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km arah Timur Laut Banjar, Kalimantan Selatan pada kedalaman 10 km.

Baca juga : Gempa Kalsel, Siswa di Banjarmasin Sempat Belajar di Luar Gedung

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas patahan Meratus," tuturnya. 

Gempa bumi menimbulkan guncangan di daerah Kecamatan Hantungun dan Pengaron Kabupaten Banjar. Sementara gempa bumi susulan (aftershock) ke dua terjadi pada pukul 04.11 wita.

Kepala BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah dalam laporan kebencanaannya Rabu (14/2) mengatakan gempa teknonik bermagnitudo 4,8 pada Selasa (13/2) berdampak pada tiga kabupaten yaitu Kota Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala dan Banjar.

Baca juga : Gempa Kalsel Berkekuatan 4,8 Magnitudo Berpusat di Borneo

Gempa menyebabkan kerusakan pada sejumlah bangunan rumah dan fasilitas umum seperti sekolahan dan tempat ibadah. Di Kota Banjarmasin gempa merusak ruangan guru SDN Sungai Jingah 5 yang mengalami retakan 10 meter pada bagian lantai dan plafon, serta dinding mengalami retakan sepanjang 2 meter.

Di Barito Kuala dilaporkan terjadi retakan pada kantor Desa Patih Muhur Baru, Kecamatan Anjir Muara. Sementara di Kabupaten Banjar dampak gempa terasa di Desa Sungkai Baru, Kecamatan Simpang Empat yang menyebabkan dua rumah warga rusak. Desa Rampah, Kecamatan Telaga Bauntung menyebabkan fasilitas umum berupa bangunan SDN mengalami keretakan pada dinding sekolah dan roboh.

Desa Batang Banyu, Kecamatan Sambung Makmur, berdampak pada fasilitas umum yaitu tempat ibadah Musholla Nurul Hidayah mengalami keretakan. "Kita menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik," ujarnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat