visitaaponce.com

Dinas PUPR Klaten Gelar Forum Perangkat Daerah Penajaman Rancangan Awal Renja 2025

Dinas PUPR Klaten Gelar Forum Perangkat Daerah Penajaman Rancangan Awal Renja 2025
Dinas PUPR Klaten menggelar forum perangkat daerah dalam rangka penajaman rancangan awal rencana kerja (renja) 2025.(MI/Djoko)

DINAS Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menggelar forum perangkat daerah dalam rangka penajaman rancangan awal rencana kerja (renja) 2025 di Aula Dinas PUPR, Jumat (16/2).

Forum perangkat daerah yang dibuka oleh Kepala Dinas PUPR, Suryanto, diikuti para pimpinan atau perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten, stakeholders, akademisi, dan pers.

Penyelenggaraan forum perangkat daerah mempedomani Pasal 117 Peraturan Mendagri No 86 Tahun 2017, guna memperoleh masukan dan saran dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program, dan kegiatan Dinas PUPR 2025.

Baca juga : Stok Beras Pedagang di Pasar Gedhe Klaten Menipis

Dalam paparannya, Suryanto yang didampingi Sekretaris Dinas PUPR, Joko Suprapto, dan Sutrisno (Bappedalitbang) menyebut Bidang Bina Marga, Cipta Karya, Sumber Daya Air, dan Tata Ruang merupakan isu strategis dan permasalahan dalam penajaman rancangan awal renja 2025.

Permasalahan Bidang Bina Marga, adalah meningkatnya beban lalulintas yang berdampak pada menurunnya kualitas jalan/jembatan, dan lemahnya peran masyarakat dalam pemeliharaan bangunan pelengkap jalan.

Adapun pemasalahan Bidang Cipta Karya, yakni belum ada kerja sama pemerintah daerah dengan pihak swasta terkait pengelolaan air limbah domestik.

Baca juga : BPJS Ketenagakerjaan Klaten dan PT Pos Indonesia Kolaborasi Tingkatkan Kepesertaan Pekerja BPU

Kemudian, identifikasi dan permasalahan Bidang Sumber Daya Air terkait pelaksanaan operasi pemeliharaan irigasi yang belum optimal dan kerusakan jaringan irigasi.

"Sedangkan permasalahan Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Klaten, adanya ketidaksesuaian kondisi eksisting terhadap rencana tata ruang," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Suryanto menyebutkan Rp223,8 miliar total pagu indikatif Dinas PUPR Klaten 2025. Dari jumlah total pagu indikatif itu, Rp124,4 miliar di antaranya untuk program penyelenggaraan jalan.

Baca juga : DKPP Klaten Nyatakan Kenaikan Harga Beras Merupakan Mekanisme Pasar

"Kami menyampaikan terima kasih atas saran dan masukan dari peserta forum perangkat daerah dalam rangka penajaman rancangan awal renja Dinas PUPR 2025," ujarnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat