visitaaponce.com

TNI Berkomitmen Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Papua

TNI Berkomitmen Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Papua
Panen raya di lahan seluas empat hektar di Kampung Mur Distrik Nambai, Kabupaten Mappi, Papua Selatan(Dok.Yonif 125/Simbisa )

PERTANIAN memang menjadi sektor yang paling diperhatikan saat ini. Hal itu guna mengantisipasi krisis pangan dunia. Untuk partisipasi semua pihak sangat diharapkan untuk memajukan pertanian di daerah.  

Berangkat dari situ Satuan Tugas (Satgas) Yonif 125/Simbisa mengubah lahan tidur seluas empat hektar ini bertujuan guna mewujudkan ketahanan pangan di Papua. Hasil mereka melakukan panen raya di lahan seluas empat hektar di Kampung Mur Distrik Nambai, Kabupaten Mappi, Papua Selatan bersama Penjabat Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo, dan Danrem 174 Anim Ti  Waninggap,  Brigjend TNI Agus Widodo.

"Ini wujud nyata prajurit TNI, selain akan menjaga keamanan wilayah, juga akan memberikan kontribusi terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua," ujar Dansatgas Yonif 125/SMB Letkol Inf Ronald Manurung. 

Baca juga : Panen Padi di Merauke, Komisi IV DPR RI Apresiasi Petani Distrik Tanah Miring

Dia juga mengatakan bahwa TNI akan terus memberikan kontribusi terbaik demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.  Ronald berharap panen raya padi di Kampung Mur dapat menjadi motivasi agar bisa memanfaatkan lahan yang masih kosong. Karena menurutnya, tanah di Kampung Mur subur dan bisa ditanami padi 

"Kami yakin di kampung ini bisa ditanami padi. Di depan hadapan Bapak terhampar seluas empat hektar sawah yang sudah menguning. Harapan kami dengan contoh ini dapat memotivasi masyarakat yang ada di kampung Mur menjadi lebih baik dan percaya bahwa tanah yang ada di kampung Mur ini subur dan bisa ditanami padi," terang Ronald.

Hal senada diungkapkan Penjabat Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo. Dia mengatakan bahwa lahan di Mappi itu subur sehingga dia mendorong agar banyak lagi lahan kosong yang dapat menjadi sumber penghidupan masyarakat.

Baca juga : BIN Dorong Pemuda Teluk Bintuni Manfaatkan Lahan Tidur untuk Pertanian dan Peternakan

"Ada banyak hamparan lahan yang bisa kita saksikan di depan mata kita, agar dapat menjadi sumber penghidupan bagi kita dan generasi kita di masa depan. Ini adalah salah satu bukti bahwa lahan kita ini subur  dan kita dapat kita kelola untuk menjadi sumber pertanian," jelas Apolo Safanpo.

Sebelumnya TNI telah merealisasikan program TNI AD Manunggal Air. Salah satu program KSAD dalam mengentaskan masalah kebutuhan akan air bersih bagi masyarakat. "Keseluruhannya kurang lebih itu ada 30 titik air dari 100 titik air yang menjadi program TNI AD Manunggal Air di seluruh Indonesia,” ujar Kepala Peralatan Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Cpl Reki Feriyanto. (MS/N-1)

Baca juga : Pacu Produksi Padi dan Jagung Nasional, Kementan Siapkan SDM Unggul

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat