visitaaponce.com

10 Daerah di Kalsel Rawan Bencana Hidrometeorologi

10 Daerah di Kalsel Rawan Bencana Hidrometeorologi
Anak-anak bermain air saat banjir di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Jumat (17/3/2023).(ANTARA/BAYU PRATAMA S)

SEBANYAK 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam status siaga dan waspada bencana hidrometeorologi. Bencana tanah longsor dan banjir juga telah melanda sejumlah wilayah.

Berdasarkan hasil analisis data dari Impact Based Forecast (BMKG), Satgas Banjir (PUPR) dan Inarisk (BNPB), 10 wilayah kabupaten/kota di Kalsel berpotensi banjir hingga sepekan ke depan. Status siaga dan waspada banjir meliputi Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru.

Kemudian Kabupaten Barito Kuala, Tabalong, Banjar, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara,Hulu Sungai Tengah, Tanah Laut dan Tapin.

Baca juga : Januari 2022 Kalimantan Selatan Dilanda 11 Kali Banjir

"Potensi bencana banjir ini perlu diantisipasi mengingat kondisi cuaca buruk yang terus berlangsung," tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, R Suria Fadliansyah, Jumat (23/2).

Di Kabupaten Banjar, banjir melanda Desa Benteng, Kecamatan Pengaron sejak dua hari terakhir. Banjir setinggi hampir satu meter merendam sedikitnya 50 buah rumah warga.

Sementara longsor terjadi di kawasan kaki pegunungan Meratus di Desa Murung B, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Longsor terjadi di dua titik dan menutup ruas jalan sepanjang 60 meter dan 30 meter sehingga menyebabkan akses jalan ke wilayah pegunungan terputus.

BPBD dan Dinas PUPR Hulu Sungai Tengah telah menurunkan tim dan alat berat untuk melakukan pembersihan ruas jalan yang tertutup. Hingga kini upaya pembersihan tanah longsor masih terus dilakukan.

Pada bagian lain kondisi cuaca buruk menyebabkan gelombang tinggi mencapai 2,5 meter melanda wilayah perairan Kotabaru dan selatan Kalimantan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat