visitaaponce.com

Stok Beras di Kupang Dipastikan Cukup

Stok Beras di Kupang Dipastikan Cukup
Ilustrasi beras.(MI/SUSANTO)

SATGAS Pangan Polda Nusa Tenggara Timur memastikan stok beras di gudang Perum Bulog dan gudang distributor beras di daerah itu tersedia dalam jumlah yang cukup.

Bahkan, saat ini sebuah kapal yang mengangkut 51.000 ton beras impor dalam pelayaran ke Kupang.

Kasubdit 1 Industri dan Perdagangan. Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda NTT Komisaris Yan Kristian Ratu dan tim memeriksa seluruh gudang penyimpanan beras pada Selasa (27/2). Hasilnya stok beras cukup.

Baca juga : Harga Melonjak, Satgas Pangan Polri Bakal Awasi Pendistribusian Beras

"Tim Satgas Pangan memeriksa ketersediaan dan harga bahan pokok seperti beras, telur, minyak goreng, dan bahan pokok lainnya. Stok bahan pokok masih aman, namun harga beras mengalami peningkatan," kata Yan Kristian Ratu.

Menurutnya, pengecekan stok pangan dilakukan mulai dari tradisional Kasih di Kelurahan Naikoten 1 dan Pasar Oeba di Kelurahan Fatubesi. Selanjutnya pengecekan stok pangan di gudang distributor dan berakhir di gudang Bulog.

Tim Satgas Pangan melakukan pengecekan di Pasar Kasih Naikoten, Pasar Oeba, dan sejumlah distributor beras dan gudang Bulog di Kecamatan Alak, Kota Kupang. Kasubdit 1 Industri dan Perdagangan Ditreskrimsus Polda NTT, Kompol Yan Kristian Ratu, S.H., yang mewakili Kasatgas Pangan Polda NTT, memimpin kegiatan tersebut.

Baca juga : Harga Beras Tinggi, Bulog: Satgas Pangan Tangani jika Ada Pelanggaran Hukum

Di pasar, tim menemukan harga beras kualitas premium naik harga dari sebelumnya Rp17.000 per kilogram menjadi Rp18.000 per kilogram, sedangkan harga beras medium paling rendah Rp11.000 per kilogram.

"Harga beras berada di kisaran 11 ribu hingga 18 ribu per kilogram, peningkatan terutama pada beras premium akibat penyesuaian harga dari pulau Jawa," tambah Panit Subdit 1 Ditreskrimsus Polda NTT AK Rendi Widyadharma.

Tim Satgas Pangan Polda NTT terus memantau lonjakan harga pangan, khususnya menjelang lebaran. "Kita akan terus memantau baik dari distributor maupun di pasar agar tidak terjadi lagi lonjakan harga, terutama saat hari raya Lebaran nanti," ujarnya.

Menurutnya, Satgas Pangan Polda NTT siap bertindak cepat untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok di Kota Kupang. Tim juga tidak menemukan indikasi penimbunan bahan kebutuhan pokok. Untuk itu, masyarakat diminta tetap tenang. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat