visitaaponce.com

Sumedang Siapkan Dana Stimulus Rumah Rusak Akibat Bencana

Sumedang Siapkan Dana Stimulus Rumah Rusak Akibat Bencana
Foto udara kawasan industri yang terdampak angin puting beliung di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (22/2).(ANTARA/RAISAN AL FARISI)

PEMERINTAH Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, menargetkan akhir bulan ini, pendataan rumah rusak akibat bencana bisa dituntaskan. Setelah itu, pemberian dana stimulus dilakukan.

"Ada tiga bencana besar yang melanda Sumedang, tahun ini. Yang pertama gempa, banjir bumi, dan terakhir angin puting beliung," ungkap Penjabat Sekretaris Daerah Sumedang, Tuti Ruswati, Selasa (27/2).

Pemkab Sumedang saat ini tengah melakukan penanganan dampak bencana terkait rehabilitasi dan rekonstruksi rumah warga. Pendataan melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah.

Baca juga : Sesar Sumedang Penyebab Rentetan Gempa di Sumedang pada Awal Tahun

Dalam bencana gempa, sudah diinventarisasi adanya 3.085 rumah yang rusak di 12 kecamatan. Sementara pada kejadian banjir di Ujungjaya, ada 4 rumah rusak berat, 1 rusak sedang dan 1 rusak ringan.

Bencana terakhir, yakni angin puting beliung, melanda dua kecamatan, yakni Jatinangor dan Cimanggung. Hampir 1.000 rumah mengalami kerusakan.

"Kami akan melakukan akselerasi dalam pendataan dan bisa tuntas akhir bulan ini. Setelah itu, kami akan menyalurkan dana stimulus untuk pembangunan rumah warga terdampak," tambah Tuti.

Pihaknya terus melakukan konsolidasi data dengan camat dan kepala desa. "Kami berupaya tidak ada data ganda dan tidak terjadi kesalahan sasaran." (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat