visitaaponce.com

Miris, Warga Bangka Beli Beras Setengah Kilogram

Miris, Warga Bangka Beli Beras Setengah Kilogram
Warga Bangka membeli beras setengah kilogram.(MI/Rendy Ferdiansyah)

HARGA beras mahal saat ini sangat dirasakan bagi masyarakat kurang mampu, khususnya di Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung. Ini seperti yang dialami Sri, warga Sungailiat. 

Di tengah harga yang melangit, saat ini dia terpaksa hanya membeli beras untuk makan sebanyak 0,5 kg di pasar Kite Sungailiat. Ia mengaku biasanya membeli beras eceran 3 hingga 5 kg. 

Namun karena beras mahal, ia terpaksa mengurangi hanya setengah kilogram setiap hari. Hal itu dilakukan agar dia sekeluarga tetap bisa makan. 

Baca juga : Pedagang Banyumas Kesulitan Peroleh Pasokan Beras, Harga Masih Rp16 Ribu/Kg

Maklum, pendapatan suaminya yang pas-pasan di tengah himpitan ekonomi saat ini. Dirinya harus pintar mengatur keuangan dapur.

"Kan keperluan bukan hanya beras. Ada lainnya termasuk bumbu-bumbu dapur. Makanya, saya harus pintar pintar mengatur uang dapur," ungkapnya.

Setelah mengungkapkan rasa keprihatinan terkait kondisi harga beras saat ini, ia pun secara perlahan mengambil beras jenis medium yang sudah ditimbang penjual setengah kilogram tersebut. Uang Rp8.000 seharga setengah kilogram beras itu pun diberikan ke pedagang

Baca juga : Pasar Ramadan Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Tanpa banyak bicara, ia bergegas meninggalkan pasar. Potret kehidupan di tengah mahalnya harga beras ini bukan hanya dirasakan Sri. 

Kemungkinan masih banyak warga dengan cerita serupa di tempat lain. Masyarakat kini semakin sulit dengan mahalnya harga beras saat ini.

Pemerintah pun diharapkan masyarakat untuk mengambil langkah cepat menstabilkan harga beras. Dengan demikian, yang dialami Sri tidak terjadi lagi. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat